oleh

80 Desa Diminta Segera Masukan Draft APBDes

BolmongNews.com, BoltimDinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, meminta agar 80 Pemerintah desa segera melakukan koordinasi dengan menyampaikan draft Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), untuk dilakukan verifikasi

“Jika bisa selesai diawal bulan Maret. Karena Sampai minggu kemarin, baru satu desa yang datang menyampaikan,” kata Kepala DPMD Boltim, Slamet Umbola.

Ia menjelaskan, jika verifikasi selesai dilakukan kata Slamet, maka program pembangunan ditingkat desa sudah bisa dilaksanakan. Karena untuk anggaran dari Pemerintah Pusat (Pempus) sudah siap.

“Kita upayakan hingga akhir triwulan awal ini, Dana sudah siap di rekening masing-masing desa, tinggal menunggu draft. Posisi sekarang masih menunggu dari semua Desa, karena sebenarnya kita sudah harus masuk verifikasi semua draft,” jelasnya.

Lanjuntya, APBDes sudah selesai sejak tahun lalu. Namun, ada perubahan atas peraturan dari Pemerinta Pusat. Sehingga dilakukan lagi proses peng-inputan data di masing-masing desa.

“Ada penyesuaian lagi dengan aturan baru untuk bisa kemudian mengaplikasikan Sistem keuangan desa (Siskeudes). Itu pada aturan Permendagri nomor 20 tahun 2018. Harapan kami, secepatnya disinkronisasi agar cepat masuk tahap verifikasi lagi,” harapnya. (Mg-01/ewin)

 

Komentar