Pemdes Iloheluma Lakukan Pelatihan dan Revitalisasi BUMDes Tahun 2021

BOLSEL–Pemerintah Desa (Pemdes) Iloheluma melakukan pelatihan dan revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menyusun Anggaran Dasar (AD) Anggaran Rumah Tangga (ART), sekaligus sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2021 tentang BUMDes, Kamis, (26/08/2021).

Sosialisasi digelar di Aula Kantor Desa Iloheluma dibuka langsung oleh camat Posigadan Raston Mooduto dan dihadiri oleh Sangadi, Sekdes, BPD, Perangkat Desa, Pemuda, dan Masyarakat.

Pemateri ini dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Bidang (Pemberdayaan Masyarakat Desa Ronal Ismail, dan Tenaga Ahli Kabupaten Dolly Sugeha.

Ronal mengatakan kegiatan ini penting dilaksanakan guna melihat sudah sejauh mana perkembangan BUMDes yang berada di tingkatan desa.

“Ini perlu penyegaran untuk menyusun angaran desa serta anggaran rumah tangga Ad/Art untuk petunjuk dan acuan dalam menjalankan roda kepengurusan BUMDes,” ucap Ronal.

Ronal menjelaskan BUMDes ini sangat membantu masyarakat ketika di kelola dengan baik dan transparan serta akuntabel.

“Apalagi banyak usaha yang bisa di kembangkan oleh BUMDES, antara lain potensi Perikanan dan Perkebunan. Tinggal seperti apa kita melihat peluang ini,” jelasnya.

Senada disampaikan Tenaga Ahli Kabupaten Dolly Sugeha, bahwa kegiatan BUMDes ini cocok di kembangkan di desa, karna dari desa kita akan membangun, sebagaimana slogan dari Presiden Jokowi membangun dari pinggiran.

“Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, salah satunya pembentukan BUMDes dan Penyusunan AD/ART serta Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021, kesemuanya ini mengatur tata cara pengelolan BUMDes,” kata Dolly.

Sehingga dalam penyusunan ad/art sangat hati hati di sesuaikan dengan potensi dan kondisi yang terjadi di desa.

Diharapkan dalam pengelolaan BUMDes kedepan senantiasa dilandasi serta berpedoman kepada transparansi, tertib administrasi dan pencatatan serta pembukuan keuangan yang bermuara kepada akuntabilitas dalam pelaporan dan pertanggungjawaban usaha BUMDes,” ujar Dolly.

Sangadi Desa Iloheluma Aswin Inombi menyambut baik dan berterimah kasih kepada pemateri yang sudah memberikan penjelasan mengenai pembentukan BUMDES dan penyusunan AD/ART.

“Kedepan BUMDes ini akan berjalan dengan baik dan bisa menyerap tenaga kerja yang ada di desa. Karena didirikan BUMDes ini untuk memberdayakan masyarakat dengan melihat peluang yang bisa dijadikan usaha sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat,” terangnya.

Sekertaris Desa (Sekdes) Iloheluma, Yopan Lasimpala, menuturkan, kegiatan revitalisasi BUMDes sekaligus penyusunan AD/ART guna untuk menghidupkan dan menggiatkan kembali usaha BUMDes untuk dikelola dengan sebaik baiknya.

“Dengan berpedoman pada akuntabilitas, penuh transparan dan tanggung jawab dalam pengelolaannya,” pungkasnya.

(Wawan Dentaw)

Komentar