Buka Bimtek Siskeudes Tahap II, Ini Harapan Bupati dan Wabup Bolsel

BOLSEL—Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru SPt didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Siskeudes) tahap II.

Kegiatan ini untuk Sangadi dan Perangkat Desa se Kecamatan Tomini dan Posigadan yang digelar di Hotel Aston Manado, Selasa, (09/03/2021).

Dalam arahannya, Bupati berharap Sangadi dan seluruh jajaran perangkat desa, untuk tidak sekedar paham tentang pengelolaan anggaran desa.

“Tapi juga mampu mengimplementasikan kebijakan anggaran yang bersumber dari dana desa untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati  meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bolsel, untuk menggelar Bimtek pengadaan barang dan jasa desa.

“Agar nanti bisa meminimalisir Sangadi dan perangkat desa tersandung masalah hukum terkait pengadaan barang dan jasa,” terangnya.

Sementara itu, Wabup Bolsel Deddy Abdul Hamid menambahkan, bahwa pengelolaan dana desa prosesnya sama dengan proses pengelolaan keuangan di Pemerintah Daerah.

“Hanya lingkupnya yang lebih kecil,” ujarnya.

Wabup juga berharap agar setiap progres kegiatan di desa menuai manfaat. Khususnya bagi masyarakat. “BPD diharapkan berperan aktif dalam pengawasan dan koordinasi pada pelaksanaan pembangunan di desa,” harapnya.

Wabup mengungkapkan, ada beberapa program yang akan masuk ke desa-desa atas inisiasi Anggota DPR Komisi V.

“Beberapa program itu, diantaranya, IPAL, SANIMAS, Pisew, Kotaku P3TGAI, dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius A. Ohy SSTP, Asisten 1 dan 3, pimpinan PD, Camat dan Sangadi serta perangkat desa se Kecamatan Tomini dan Posigadan.

(Wawan Dentaw)

Komentar