Diskominfo Bolmut gelar FGD terkait Satu Data Indonesia

BNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian (Diskominfo), menggelar Focus Group Discussion (FGD).

FGD yang berlangsung di Aula Pohohimbunga Kantor Bapelitbangda Bolmut, Boroko, pada Selasa 24 Oktober 2024, mengangkat tema “Kolaborasi Satu Data Indonesia Kabupaten Bolmut Tahun 2023”.

Kepala Diskominfo Bolmut melalui Sekretaris Mirwan Datukramat megatakan, jika kegiatan ini sangatlah penting dilaksanakan.

Sebab, ini merupakan sumber kevalidan suatu data personal dan sesuai dengan tugas serta fungsi (tupoksi) Diskominfo dalam melaksanakan urusan wajib dalam pelayanan data.

“FGD Satu Data Indonesia (SDI) merupakan peranan sangat penting dalam melaksanakan pembangunan kedepannya, karena didalamnya sebagai data sektoral di setiap perangkat daerah,” ujarnya.

Sementara itu, sambutan Penjabat Bupati Sirajudin Lasena yang dibacakan Staf Ahli Bupati Santoro,  menyampaikan bahwa pemerintah resmi menetapkan portal Satu Data Indonesia atau SDI.

“Hal ini bertujuan agar supaya bisa menghasilkan kebijakan dan keputusan yang tepat,” ucap Santoro saat membacakan sambutan Bupati.

Lanjutnya, SDI mempunyai empat prinsip dasar, yaitu satu standar data, satu meta data baku, interoperabilitas data dan referensi data.

Semua itu pun merupakan tata kelola data pemerintah yang lebih efisien.

“Dengan bertujuan untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses dan dipakai antar instansi pemerintah daerah maupun pusat. Serta dapat mendukung birokrasi reformasi yang dingin, bijak dan tepat, dalam era digitalisasi saat ini,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmut J Makalungsenge, para Pimpinan OPD, ASN dan PPPK.

Komentar