Terkait Pengembangan Air Minum dan Sanitasi, Bappeda Gelar RAD-AMPL

BolmongNews.com, Bolmong— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melaksanakan kegiatan Rencana Aksi Daerah Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL), Kamis (04/07).

Kepala Bappeda Bolmong Yarlis Hatam melalui Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Winci Mokorimban, menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk dapat mengukur kebutuhan operasionalisasi strategi daerah,  dalam penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan.

Selain itu, diperlukan juga adanya dukungan pelaksanaan kewajiban daerah, dalam menyediakan pelayanan air minum dan sanitasi sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan target RPJMN 2015 – 2019.

“Ini kita lakukan dengan tujuan agar bisa menyelesaikan permasalahan dan tantangan pengembangan air minum dan sanitasi. Dan juga sebagai acuan penetapan target tambahan akses air minum dan sanitasi untuk setiap tahun, yang dilengkapi dengan indikasi target jumlah desa lokasi pengembangan SPAM dan sanitasi,” ujar Winci.

Dia menambahkan, nantinya hal ini juga  akan dituangkan dalam program, melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah dan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD). Yang terintegrasi ke dalam program dan kegiatan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dunia usaha dan masyarakat tentunya.

“Pemkab sendiri memiliki peran penting khususnya dalam rangka pencapaian sasaran dan pengendalian pelaksanaan untuk perwujudan standar pelayanan minimal,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Kepala desa, dan para pihak terkait lainnya. (*)

Komentar