oleh

Tanggal “Cantik” Peletakan Batu Pertama Pembangunan Terminal di Bolmong

BOLMONGNEWS BOLMONG–Peletakan batu pertama pembangunan terminal type A, oleh Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Rabu (8/8), di Desa Dolangon, Kecamatan Lolak, dilakukan pada tanggal “cantik”.

Mengapa demikian?. Pasalnya, peletakan batu pertama tersebut digelar pada tanggal, bulan dan tahun yang identik dengan angka delapan. Tanggal delapan, bulan delapan (Agustus) tahun 2018.

Angka delapan sendiri, jika disesuaikan fengshui  china sebagai angka keberuntungan. Dalam bahasa Mandarin, angka delapan dilafalkan dengan Ba yang sangat mirip dengan Fa yang berarti kemakmuran.

Masyarakat Tionghoa memaknai angka ‘8’ sebagai pembawa rezeki dan hoki dikarenakan bentuk angka delapan yang seakan tidak ada putusnya. Angka ini tidak memiliki ujung, yang diharapkan juga bisa membawa kesuksesan yang terus mengalir tanpa henti dan tidak berkesudahan.

Secara khusus, angka delapan dianggap sangat baik untuk dunia bisnis dan usaha.

Para ahli fengshui China juga menuturkan, bahwa angka delapan memang merupakan angka terkuat uang mewakili unsur tanah. Dalam melakukan apapun dalam kehidupan, angka delapan dipercaya bisa membawa keberuntungan lebih.

Sementara itu , Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bolmong, Ashari Sugeha, saat membawakan sambutan pada kegiatan tersebut,  mengatakan,  peletakan batu pertama ini unik.

“Secara tidak kita sadari, peletakan batu pertama ini bisa dibilang unik atau cantik. Karena bertepatan dengan tanggal, bulan dan tahun yang ada angka delapannya. Semoga hal ini akan membawa kebaikan,” katanya.

Disisi lain,  ia menjelaskan, anggaran pembangunan terminal ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dimana terminal type A baru terdapat di lima provinsi se- Indonesia.

“Terminal seperti ini baru ada di lima provinsi. Nah salah satunya yang akan dibangun di Bolmong. Untuk anggarannya sebesar 60 Miliar akan tetapi yang terealisasi baru 4,5 miliar, ” jelasnya.

Sekadar diketahui, terminal type A ini, direncanakan akan menjadi sebagai salah satu terminal megah di Indonesia.  (cl/ewin)

Komentar