Peringati Maulid Nabi, Bupati Limi: Rasulullah Jadi Teladan dan Contoh dalam Kebaikan

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah.

Bertempat di rumah dinas Bupati Bolmong, Lolak, acara itu turut dihadiri unsur Forkopimda dan seluruh jajaran Pemkab Bolmong.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit menyampaikan ucapan selamat peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah.

“Selaku pribadi, keluarga serta atas nama pemerintah kabupaten, saya menyampaikan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Bolaang Mongondow,” ucap Bupati Limi, Selasa 3 Oktober 2023.

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, kata Bupati Limi, adalah merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan.

Karena pada hakekatnya, merupakan wujud penghormatan umat muslim kepada Nabi Muhammad SAW.

“Beliau seorang Nabi dan Rasul Allah SWT. Namun, dia (Muhammad) juga merupakan pemimpin umat manusia,” sebutnya.

Demikian dari semua ini, lanjut Bupati, makna yang paling mendasar dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengevaluasi sejauh mana kita sebagai umatnya mampu mencontoh keteladanan atau sesuatu yang melekat pada diri Rasulullah, baik itu dalam aspek ibadah ritual.

Sehingga pada kesempatan itu, Bupati mengingatkan, bahwa sesungguhnya dalam aspek ibadah sosial tantangan terbesar bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia adalah akhlak.

Bupati menilai, jika akhlak saat ini semakin gradasi dengan pola hidup sekuler yang hedonis dan individualistik, dan ini merupakan bagian perilaku zaman dahulu Jahiliyah.

Namun jika mengingat sejarah, Rasulullah dengan penuh keteladanan, baginda Nabi Muhammad mampu merubah perilaku tersebut hingga 180 derajat.

Dan itu hanya dalam waktu kurun waktu 23 tahun. Tentu kekuatan iman dan keteladanan dan memadukannya dengan dzikir, sehingga kemampuan logika serta rasa, pun Rasulullah berhasil membangun masyarakat Arab yang dirahmati Allah SWT saat ini”Mari kita semua meneladani pola dan perilaku kehidupan Rasulullah yang penuh dengan kebaikan. Apalagi dia (Muhammad) merupakan hamba Allah yang sangat taat dan patuh, sehingga itu bisa menjadikan kita seorang pemimpin rumah tangga, pemimpin masyarakat dan pemimpin agama yang baik seperti yang diajarkan,” ujar Bupati Limi.

Akrab disapa Papa Fahmi ini, juga mengajak bersama untuk wujudkan tatanan masyarakat yang semakin sejahtera, demokratis dan berkeadilan, serta dapat meningkatkan persaudaraan dengan sesama umat beragama.

“Jika kita mampu melaksanakan semua yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW, Insyaallah Kabupaten Bolaang Mongondow akan menjadi daerah yang maju, sejahtera, adil dan makmur. Serta menjadi daerah yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur, sebagaimana bahwa akhlak seorang manusia menjadi dasar pondasi bagi pembentukan pribadi maupun karakter dari pada anak bangsa,” jelas Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati kembali mengingatkan seluruh masyarakat hingga para ASN, baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa, agar memberikan pencerahan dan meluruskan isu isu yang tidak benar atau Hoaks.

“Saat ini sudah mulai masuk tahun politik, jadi saya berharap kepada seluruh pimpinan OPD, Camat maupun Sangadi, mari bersama-sama dengan masyarakat, untuk bisa membantu supaya penyelenggaraan Legislatif, Pilpres maupun Pilkada 2024 di Kabupaten Bolaang Mongondow dapat berjalan dengan baik dan aman,” pungkas Bupati Limi Mokodompit.

(Advertorial)

Komentar