Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 1 Miliar, Danai Pembangunan BLK di Passi Barat

BOLMONG – Pemerintah Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menerima kunjungan kerja (Kunker) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenker) Republik Indonesia (RI), Minggu (12/9).

Diketahui, kunker tersebut dalam rangka melaksanakan monitoring, serta final cek kesiapan pembangunan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas, yang rencana akan di bangun di Desa Bulud, Passi Barat, Bolmong dalam waktu dekat ini.

Kunker Menteri Nakertrans Ida Fauziyah yang diwakili stafnya, Malik mengungkapkan, total anggaran yang disediakan sekitar Rp 1 Miliar, untuk pembangunan BLK.

“Dimana Rp 400 juta untuk bangunan dan sisanya untuk pengadaan fasilitas hingga operasional BLK,” kata Malik.

“Kunjungan untuk hari ini, kita lakukan pengecekan langsung di lapangan. Mulai dari administratif ikrar wakaf desa,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Sangadi) Bulud Nurhadin Mokodongan mengatakan, pihaknya telah melengkapi ikrar wakaf, yang di serahkan kepada Kementerian.

“Sesuai perjanjian untuk pengelola BLK komunitas ini, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama (YP-NU). Nantinya setelah 3 tahun berjalan akan di hibahkan kembali ke pemerintah desa sesuai kesepakatan,” terang Nurhadin.

Lanjutnya, selain itu untuk pengelola, pihaknya memiliki tenaga pendamping profesional desa yang akan membantu mengelola BLK di Desa Bulud.

“Kita ada tenaga pendamping desa yang terlatih dan profesional untuk mengelola BLK nanti,” jelasnya.

Disamping itu Camat Passi Barat Ma’rief Mokodompit mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa setempat yang telah menjemput bola, serta mewakafkan tanah untuk pembangunan BLK di Desa Bulud.

Ma’rief menuturkan, BLK komunitas nantinya akan menjadi pusat pelatihan untuk masyarakat yang ada di Bolaang Mongondow. Tentu, kata dia, semua ini tak lepas dari upaya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, dalam membangun jaringan dengan Pemerintah pusat, sehingga pembangun BLK bisa masuk di wilayah kerjanya.

“Sehingga program Kementerian Ketenagakerjaan dapat masuk di Kecamatan Passi Barat,” tuturnya.

Ia pun berharap, kehadiran dari BLH ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Bolmong terlebih khusus Kecamatan Passi Barat.

“Insya’Allah, kehadiran BLK ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya kita di Passi Barat, dalam menyiapkan tenaga kerja siap pakai dan profesional,” harapnya.

Diketahui, kunjungan tersebut disambut hangat Camat Passi Barat Ma’rief Mokodompit beserta pemerintah desa setempat.

(Yudi Paputungan)

Komentar