Limi Mokodompit Dampingi Sekdaprov Praseno Hadi Ziarah ke Makam Abdullah Mokoginta

BNews, BOLMONG – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut) Praseno Hadi memimpin ziarah bersama ke makam Almarhum Drs Abdullah Mokoginta, di pemakaman keluarga Desa Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, Sulut, sekira pukul 09.30 Wita, Minggu 18 September 2022.

Penjabat Sekdaprov Sulut Praseno Hadi, ikut didampingi sejumlah pejabat Pemprov Sulut diantaranya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulut Limi Mokodompit yang juga Pj Bupati Bolmong, Kepala Biro Kesra Provinisi Sulut, Kaban Litbang, Karo Administrasi Pimpinan Provinisi Sulut, Karo Ekonomi Provinsi Sulut.

Selain itu, turut hadir Sekot Kotamobagu, Kabag Kesra Kotamobagu, Camat, Sangadi dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Di makam, Penjabat Sekdaprov Praseno Hadi memimpin jalannya ziarah, mulai dari hening cipta hingga doa bersama.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Ma’rief Mokodompit membenarkan ziarah makam tersebut.

Menurutnya, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, ikut mendampingi Pak Praseno Hadi, karena selaku pejabat lingkungan Pemerintah Provinsi Sulut.

Selain itu, ziara makam ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi ke-58 yang akan dilaksanakan pada 23 September 2022.

Ia menjelaskan, agenda Pemprov Sulut ini, sudah merupakan agenda tiap tahun. Dan telah menjadi program tahunan, melalui Biro Kesra sebelum menyambut HUT Pemprov ke-58.

“Pada dasarnya, program tahunan Pemprov ini, bagian wujud penghormatan dan mengenang jasa para pejabat penting yang pernah mengabdi di Provinis Sulut,” katanya.

“Selain itu, agar kita ketahui bersama daerah ini pernah mempunyai seorang pejabat penting di Provinsi Sulut yang mempunyai pengabdian di daerah, sekaligus bentuk bagian silaturahim dan penghiburan kepada keluarga Almarhum,” sambung Ma’rief lagi.

Hadir juga keluarga Almarhum Drs Abdullah Mokoginta, Camat, Sangadi wilayah dan para Tokoh masyarakat setempat.

Diketahui, Almarhum Drs H Abdullah Mokoginta adalah seorang birokrat dan politikus dari Sulawesi Utara.

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Utara dari tahun 1986 hingga 1991. Bahkan, pernah menjadi anggota DPR dari tahun 1992 hingga 1997.

Drs Abdullah Mokoginta sendiri, dilantik sebagai Wakil Gubernur Sulut pada tanggal 20 Januari 1986.

Almarhum, pun meninggal dunia, pada 16 Agustus 2021, di Rumah Sakit Umum Daerah Kotamobagu.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar