‘Lembah Sunyi’ Tambang Emas Toraut Makan Korban, Diduga 9 Orang Tertimbun Longsor

BOLMONG – Diduga 9 (sembilan) orang dikabarkan tertimbun longsor, tepatnya di lokasi tambang emas Desa Toraut, Kecamatan Dumoga Barat.

Hal ini pun didapat awak media dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dimana adanya musibah longsor di lokasi tambang tersebut.

“Iya, kita telah menerima informasi tepatnya pukul 18.30 Wita dari Pemerintah Desa setempat, bahwa ada musibah penambang tertimbun longsor. Dugaan ada 9 orang penambang yang tetimbun,” kata Kepala BPBD Bolmong Syahril Mokoagow, Senin (08/11).

Adapun lokasi TKP dikenal dengan julukan ‘Lembah Sunyi’ yang menjadi  nama areal tambang tersebut.

BPBD pun langsung berkoordinasi dengan Basarnas, TNI/Polri, untuk respon cepat penanganan/evakuasi korban. Saat ini juga Tim SAR Gabungan terus mempersiapkan personil dan peralatan yang nantinya akan digunakan selama proses evakuasi korban.

Disamping itu, Koordinator Pos SAR Kotamobagu Rusmadi mengatakan, saat ini telah mempersiapkan tim dan peralatan yang akan dibawa bersama Personil TRC BPBD Bolmong serta dibantu personil TNI/Polri.

“Kita persiapan evakuasi,” singkat Rumadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Bolmong Abdul  Muin Paputungan menyebutkan, Kepala BPBD telah memerintahkan Personil TRC untuk bersama-sama dengan Tim Basarnas dan Postensi SAR lainnya, untuk secepatnya melakukan evakuasi korban dilokasi tambang.

“Ini baru informasi awal yang kami sampaikan dan akan di update kembali sesuai perkembangan kondisi dilapangan,” katanya.

Dikethaui, proses evakuasi hingga Senin (8/11) pukul 23.00 Wita, masih terus berjalan yang dibantu warga sekitar dan penambang setempat. Saat ini belum diketahui korban yang meninggal.

 

(Yudi Paputungan*)

Komentar