DPRD Terima LPJ Penjabat Bupati Bolmong 2022

BNews, BOLMONG – DPRD Bolmong, ikut menyetujui pengesahan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2022 menjadi Peraturan Darah (Perda), melalui sidang paripurna dewan.

Rapat paripurna itu pun berlangsung di gedung DPRD Bolmong, Lolak, Rabu 16 Juli 2023.

Adapun turut hadir pada rapat paripurna itu, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, para Asisten, unsur Forkopimda, serta para pimpinan OPD dan Camat se Bolaang Mongondow.

Selain itu, dalam rapat paripurna, DPRD Bolmong ikut memparipurnakan tiga Ranperda usulan Eksekutif.

Diantaranya, tata cara penyelenggaraan cadangan pangan, pengelolaan keuangan daerah dan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling yang memandu rapat paripurna itu mengatakan, jika pengambilan keputusan dalam persetujuan bersama, ikut didasari pada mekanisme yang telah diatur.

Dimana kata dia, semuanya telah dibahas sebelumnya lewat Badan Anggaran (Banggar).

Demikian, pantaua media, kendati semua fraksi menyetujui dan menerima Ranpperda tentang APBD tahun anggaran 2022 itu, namun masih terdapat beberapa koreksi yang harus disampaikan para anggota DPRD.

Dalam pandangan beberapa fraksi, ikut mengeroksi terkait program kerja beberapa OPD yang dinilai belum maksimal.

Sehingga hal itu pun mendapat tanggapan Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM. Dalam pidatonya, jika pertanggungjawaban merupakan tugas dan wajib dilaksanakan Pemerintahan Daerah.

Menurutnya, hal itu sebagai bentuk yang wajib dipertanggungjawabkan, baik itu dalam segi pengaturan pengelolaan keuangan daerah, dan itu sudah tercantum dalam undang -undang.

“Maka sebab itu, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD ini dipandang perlu ditetapkan dalam peraturan daerah, karena ini merupakan proses akhir pelaksanaan APBD tiap tahunnya,” tutur Limi Mokodompit.

Limi pun menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh anggota DPRD Bolmong atas pengawasan terhadap pembangunan di Kabupaten Bolmong hingga saat ini.

“Ini merupakan komitmen kuat antara eksekutif dan legislatif dalam membangun Kabupaten Bolaang Mongondow lebih maju kedepannya,” imbuhnya.

Bahkan, hal itu dibuktikan dengan capaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong kembali berhasil meraih opini WTP dari BPK terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2022.

Selanjutnya, dirinya berharap agar pertanggungjawaban ini, DPRD Bolmong dapat memberitahukan dan bisa diketahui secara luas oleh masyarakat.

Selain itu, dirinya menambahkan, jika penyampaian laporan pertanggungjawaban ini dimaksudkan sebagai bahan evaluasi dalam rangka peningkatan dan penyempurnaan tugas-tugas pada tahun berikutnya, serta dapat menjaga kesinambungan pelaksanaan program yang sedang berjalan saat ini.

Diakhir pidatonya, Bupati Limi memberikan apresiasi kepada seluruh pihak termasuk para anggota DPRD yang telah terlibat dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban ini sehingga dapat disetujui.

“Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya, rangkaian rapat paripurna itu pun ditutup dengan penyerahan berita acara pertanggungjawaban Penjabat Bupati kepada Ketua DPRD Bolmong.

Sebelumnya, rapat paripurna dewan ini, ikut mendengarkan pidato kenegaraan oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi melalui virtual zoom, dalam rangka penyampaian pengantar/keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun anggaran 2024.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar