oleh

Bupati Limi Serahkan Ranperda Perubahan APBD 2022 ke DPRD Bolmong

BNews, BOLMONG – Melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow (Bolmong), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022.

Ranperda perubahan APBD 2022 diserahkan langsung Penjabat Bupati Limi Mokodompit, kepada Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, yang berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD.

Selain itu, turut dirangkaikan dengan penyampaian pandangan umum fraksi DPRD Bolmong, Senin 19 September 2022.

“Atas nama Pemkab Bolmong, maka saya serahkan dokumen APBD perubahan tahun anggaran 2022,” ucap Bupati saat menyerahkan dokumen Ranperda perubahan APBD 2022 kepada Ketua DPRD Bolmong.

Dalam pidatonya, Bupati Limi menyampiakan, perubahan APBD 2022 diperuntukkan guna mempertajam prioritas pemerintah daerah, agar pelaksanaan pembangunan yang akan dilakukan lebih tepat sasaran.

Selain itu, agar penyediaan asumsi dan kebijakan realistis, efektif dan efisien serta mewujudkan administrasi pengelolaan keuangan daerah yang tertib terkait ketersediaan anggaran.

Ia menilai, evaluasi dan penyesuaian APBD antara Pemkab Bolmong dengan DPRD sangat penting dilakukan guna pelaksanaan anggaran berjalan secara efektif dan efisien.

“Saya meyakini hal ini sebagai bentuk perhatian dan komitmen dewan yang terhormat, untuk tetap bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan amanah rakyat dengan sepenuh hati, guna mewujudkan tujuan kita bersama, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Bolaang Mongondow,” ucap Limi.

Lanjutnya, dengan adanya beberapa pegeseran atau perkembangan tidak sesuai dengan asumsi kebijakan, maka ada penyesuaian APBD 2022 ini, diantaranya.

“Keadaan yang menyebabkan pergeseran antar unit, keadaan darurat hingga keadaan luar biasa,” sebutnya.

Sehingga itu, lanjut Bupati, telah disepakati bersama DPRD Bolmong kebijakan umum anggaran tentang perubahan APBD 2022.

Bahkan, dari hasil rapat paripurna yang digelar, diketahui pandangan fraksi-fraksi DPRD Bolmong terkait Ranperda perubahan APBD 2022, ikut menerima atau disetujui untuk dibahas ke tahap selanjutya.

Rapat paripurna DPRD Bolmong dalam rangka pembicaraan tingkat I penyampaian atas Ranperda tentang perubahan APBD  tahun anggaran 2022, yang dipimpin Ketua DPRD Welty Komaling dan ikut didampingi Wakil Ketua DPRD Sulhan Manggabarani, berjalan sukses.

Turut hadir para Asisten, sejumlah anggota DPRD Bolmong dan para pejabat teras lingkungan Pemkab Bolmong.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar