Teken MoU bersama Indomaret, Produk UMKM dan Tenaga Kerja Lokal Jadi Prioritas Bupati Limi

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak ritel Indomaret, di Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Senin 19 September 2022.

Penandatanganan yang dilakukan Penjabat Bupati Ir Limi Mokodompit, sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kewirausahaan mandiri bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bolmong.

Bahkan, kegiatan yang diinisiasi Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong bertajuk ‘Selalu Berkreasi dan Inovasi, Menuju UMKM Naik Kelas’, ikut hadir Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Manado Sapta Jibriantoro.

Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, saat disambut tarian kabela. (foto. Yudi Paputungan).

Selain itu, hadir Kepala Disperindag dan ESDM Bolmong Ramlah Mokodongan bersama 100 pelaku UMKM wilayah Kabupaten Bolmong.

Tampak 100 peserta Bimtek, yang merupakan para pelaku UMKM lokal ini, begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Limi Mokodompit menyampaikan, penandatanganan MoU bersama ini, merupakan bentuk dukungan Pemkab Bolmong terhadap pelaku UMKM lokal dan bakal saling menguntungkan.

“Tentu, sangat menguntungkan. Karena dengan adanya kerjasama ini, akhirnya produk-produk olahan pelaku UMKM kita bisa langsung dipasarkan di ritel-ritel modern. Salah satunya di Indomaret,” kata lagi.

Sambutan Pemkab Bolmong yang disampaikan Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit. (foto. Yudi Paputungan).

Orang nomor satu di Kabupaten Bolmong ini bahkan berpesan, agar para pelaku UMKM bisa fokus mengikuti pelatihan dengan serius.

Menurutnya, pelatihan ini merupakan kunci sukses dalam memproduksi dan memasarkan hasil produk lokal.

“Selain itu, kepada pelaku UMKM ini juga harus menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas atau kesinambungan produk yang dipasarkan, karena hal ini menyangkut kredibilitas konsumen terhadapa ritel modern Indomaret,” ungkap Limi.

Bupati juga berpesan, agar Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Manado, supaya hasil olahan dari pelaku UMKM di Bolmong jangan hanya dipasarkan di ritel Indomaret wilayah Bolmong saja, melainkan dapat dipasarkan di ritel Indomaret di luar Bolmong.

Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, saat menyerahkan doorprize UMKM ke salah satu peserta Bimtek. (foto.Yudi Paputungan).

Kemudian, agar juga lebih memprioritaskan anak daerah dalam perekrutan dan penempatan karyawan Indomaret.

“Karena hal ini dapat mengurangi tingkat pengangguran terbuka, sekaligus mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita masyarakat Kabupaten Bolmong,” jelasnya.

Terpisah, Branch Manager PT Indomarco Prismatama Sapta Jibriantoro mengungkapkan, pelatihan ini merupakan tahun ke sembilan Indomaret melakukan rangkaian program Corporate Sosial Responsibility (CSR) di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Jadi sudah sembilan tahun kita menggandeng Pemkab, bekerjasama untuk hidup berdampingan dengan UMKM,” katanya.

Bahkan, pihaknya berencana, tahun 2022 bakal melaksanakan 96 pelatihan di Bolmong,

“Sedangkan pelatihan ini, sudah yang ke 25 dilakukan,” beber Sapta.

Tampak suasana kegiatan Bimtek Kewirausahwan UMKM, di Sutan Raja Hotel, Kotamobagu, Senin 19 September 2022. (foto.Yudi Paputungan).

Sedangkan untuk bentuk kerjasama pihaknya, yaitu jajanan nusantara atau kue-kue basah.

Maka itu, ia pun membuka kesempatan kepada pelaku UMKM di Bolmong untuk bisa menjual produk kue basahnya di seluruh ritel Indomaret wilayah Bolaang Mongondow.

“Jadi kalau ada produk dari UMKM Bolmong nanti diajukan. Nantinya ada tim khusus yang bakal memfilter atau menyaring produk-produk yang bisa masuk Indomaret,” sebutnya.

Dirinya, pun menjamin kalau produk lokal asli Bolmong, bisa langsung masuk tanpa bayar apa-apa. Asal memenuhi syarat.

“Tentu ini keseriusan kerja sama kita. Sudah terlihat keberpihakan kami terhadap pelaku UMKM lokal,” tandasnya. (Advetorial)

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

 

Komentar