Bupati Limi Rakor bersama Mendagri, Tito: Pengendalian Inflasi 2023 jadi Atensi Daerah

BNews, BOLMONG – Melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam arahannya menyampaikan, agar setiap daerah masing-masing dapat mengendalikan inflasi.

Hal ini pun disampaikan Tito Karnavian, saat memimpin rapat koordinasi pengendalian inflasi 2023, secara daring, Jakarat, Senin 30 Januari 2023.

“Masalah inflasi saya kira sudah menjadi atensi,” ujar Mendagri.

“Selain itu, rakor ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo,” kata Mendagri lagi.

Baca Juga:Begini Kata Kepala Disdakop-UKM Kotamobagu Jika Terjadi Kenaikan Harga Komoditas

Rokor itu pun diketahui dilaksanakan secara serentak se Indonesia. Tak terkecuali Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, turut serta dalam rapat ini yang diikuti secara daring dari ruang kerja Bupati Bolmong.

Bahkan, rakor ini telah dijadwalkan sebelumnya untuk diselenggarakan secara rutin setiap pekan.

Ini pun bertujuan, untuk memantau serta mengevaluasi tiap kondisi perkembangan harga, mulai dari bahan pokok dan kondisi inflasi di setiap daerah.

Tito ikut menekankan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda pada 17 Januari 2023 lalu, kunci penanganan inflasi Indonesia harus serempak.

Baca Juga:Legenda Bogani

“Kebersamaan semua pihak diperlukan dalam mengatasi inflasi, jika mau dipahami penyebab inflasi, kita mampu mengatasinya dengan semaksimal mungkin,” tegasnya.

Semenetara itu, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, usai rakor mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk diikuti, apa lagi terkait pembahasan langkah konkret pengendalian inflasi daerah 2023.

“Kita mengikuti setiap arahan Mendagri, sekaligus mendengarkan secara saksama terkait langkah-langkah konkret pengendalian inflasi di daerah. Ini juga akan terus dievaluasi bersama-sama jajaran,” tandas Bupati.

Diketahui, selain mendengarkan arahan Mendagri Tito Karnavian, rapat kemudian dilanjutkan dengan pemaparan data kondisi inflasi saat ini, bersama perwakilan BPS, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementrian Pertanian serta lembaga terkait lainnya.

Selain Bupati, hadir dalam rakor tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Galang, Ketua DPRD Bolmong dan unsur Forkopimda, serta pimpinan OPD terkait.

 

Penulis: Wahyudy Paputungan

Komentar