oleh

Bupati Limi: Penanganan Stunting Harus Jadi Perhatian Bersama

BOLMONG – Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten, Selasa 12 Juli 2022.

Kegiatan yang digelar di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, turut hadir Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit dan Ketua TP-PKK Kabupaten Iriana Suleha Uswanas.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong Julin Papuling, Asisten III dan Plt Bappeda Ashari Sugeha, serta para Pimpinan OPD terkait, hingga Camat maupun Sangadi ikut menghadiri kegiatan tersebut.

Mengawali sambutan pemerintah, Kepala Dinkes Bolmong Julin Papuling menyampaikan, rembuk stunting adalah aksi ketiga rangkaian konvergensi yang harus dilakukan pemerintah daerah untuk memastikan penurunan stunting.

Sehingga itu, dengan adanya rembuk stunting ini, adalah merupakan langkah penting dalam memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi, pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan maupun sektor lembaga hingga non pemerintah yaitu masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Limi Mokodompit menyampaikan, bahwa pemerintah daerah bertanggung jawab dalam penanganan stunting.

“Saya harus garis bawahi, beberapa bulan lalu saat pertemuan dengan pak Presiden bersama OPD yang terundang, Camat hingga Sangadi, stunting adalah fokus pemerintah dan kita semua tidak boleh mengabaikan,” ujar Limi.

Sehingga itu, ini sangat penting menjadi perhatian bersama. Ia menilai, karena masa depan generasi anak hanya bisa kita wujudkan bila anak-anak kita dipersiapkan se-dini mungkin atau sejak bayi.

“Stunting adalah juga bagian program utama kita,” jelas Limi.

Limi pun menambahkan, berdasarkan riset, masalah gizi adalah masalah bersama yang harus ditangani, baik pemerintah pusat, provinsi hingga daerah. Dan bagaimana secara bersama memutus mata rantai siklus kekurangan gizi.

“Saya minta kepada seluruh tenaga medis, kesehatan dan posyandu, harus benar-benar berperan aktif dalam pelayanan pada masyarakat,” tegas Bupati.

“Pada pokoknya, tolong program yang menyangkut stunting dapat diperhatikan OPD, karena ini menyangkut anak genererasi kita,” pinta Bupati Limi.

Acara pun di akhiri dengan pendatanganan komitmen bersama terkait penanganan stunting tingkat kabupaten, mulai dari para Sangadi, Kepala Puskesmas, Pimpinan OPD, Camat dan disaksikan langsung Bupati Limi Mokodompit. Ikut juga mendatangani Ketua DPRD Welty Komaling.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar