Penjabat Bupati Bolmong Resmikan Padmasana Pura Jagatnatha Eka Kahyangan

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, meresmikan pembangunan Padmasana Pura Jagatnatha Eka Kahyangan yang ada di Desa Dumoga II, Kecamatan Dumoga Timur, Rabu 13 Juli 2022.

Bupati Limi Mokodompit pun ikut mengucapkan selamat merayakan hari raya galungan dan kuningan yang telah dilaksanakan belum lama ini.

Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, saat menyampaikan sambutannya pada acara peresmian pembangunan Padmasana Pura Jagatnatha Eka Kahyangan, di Desa Dumoga II, Kecamatan Dumoga Timur, Rabu 13 Juli 2022. (foto.Yudi Paputungan).

“Hari raya galungan dan kuningan ini, diyakini sebagai hari kemenangan Dharma atau kebaikan, dalam melawan Adharma atau kejahatan,” kata Bupati dalam sambutannya.

Menurut Bupati, hari ini adalah merupakan kehormatan, karena mendapatkan kepercayaan dari umat Hindu di Kabupaten Bolmong untuk meresmikan pembangunan Padmasana Pura Jagatnatha Eka Kahyangan.

“Semoga tuhan yang maha esa Ida Sang Hyang Widi Wase memberikan balasan atas apa yang telah dilakukan, serta mendapatkan pahala keberkahan,” harapnya.

Momen kebersamaan Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, bersama tokoh agama Hindu dan umat Hindu, Rabu 13 Juli 2022. (foto. Yudi Paputungan).

Pembangunan pura ini, adalah merupakan bagian dari pengembangan sumber daya manusia yang dimana hal ini dapat memberikan motivasi tersendiri bagi seluruh umat Hindu, khsusnya di Kabupaten Bolmong.

“Tentunya, dengan memanfaatkan pura ini untuk melaksanakan sembahyang, guna meningkatkan kesucian hati dan pikiran, menumbuhkan keikhlasan, cinta kasih serta mencapai pencerahan spiritual,” jelas Bupati.

Untuk pesan simbolis pada hari ini, adalah kebersamaan dan persaudaraan. Apalagi pura ini tidak dikerjakan seorang diri, tetapi atas dasar persatuan serta kebersamaan umat.

Momen kebersamaan Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit bersama Unsur Forkopimcam dan Tokog Agama Umat Hindu, usai peresmian bangunan Padmasana Pura Jagatnatha Eka Kahyangan yang ada di Desa Dumoga II, Kecamatan Dumoga Timur, Rabu 13 Juli 2022. (foto,yudi paputungan).

Bupati Limi pun mencontohkan, ibarat seperti pasir batu, kayu, besi dan semen, semuanya saling membutuhkan untuk membangun sebuah konstruksi yang kuat. Sehingga itu, kata Bupati, pura ini merupakan wujud saling peduli saudara-saudara saya umat hindu.

“Semoga pura ini dapat dijadikan sarana penyampaian dan penyebarluasan cinta kasih dan kebajikan bagi semua umat manusia, terlebih di Kabupaten Bolmong,” pungkasnya. (Advetorial)

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar