Antisipasi Korupsi Dana BOS, Satgassus Bolmong Lakukan Sosialisasi

BNews, BOLMONG – Antisipasi Penyelewengan Dana BOS, Satgassus Pungutan Liar UPP Wilayah II Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) lakukan sosialisasi anti Korupsi.

Kegiatan itu pun bertajuk “Pemberantasan Pungutan Liar, Pencegahan Korupsi dan Pengawasan Pengelolaan Dana BOS Tahun 2023”.

Sosialisasi itu sendiri dipusatkan di SD Negeri 1 Tungoi, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa 19 September 2023.

Baca Juga :Tindak Lanjut Kerjasama, Pemkab Bolmong dan BP2MI laksanakan Sosialisasi

Dikatakan Ketua Pelaksana UPP Wilayah II Kabupaten Bolmong Kompol Arie Prakoso SIK, jika sosialisasi dilakukan untuk menjaga Sekolah, Kepala Sekolah dan Bendahara BOS dari praktek Pungli.

“Prinsipnya, sosialisasi antikorupsi ini guna mencegah terjadinya penyelewengan dana BOS,” sebut Ari Prakoso yang juga menjabat Waka Polres Kotamobagu.

Senda juga disampaikan Kepala Inspektur Daerah Bolmong Rio Lombone, kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan informasi, agar para Kepala Sekolah dan Bendahara tidak terjebak dalam praktik Pungli.

Apa lagi, praktik Pungli merupakan perbuatan yang melawan hukum.

Baca Juga :Pemkab Bolmong Tawarkan Berbagai Peluang Investasi di North Sulawesi Investment Forum 2023

“Diharapkan dengan sosialisasi ini, nantinya tidak ada lagi Pungli di sekolah maupun komite,” ucap Rio Lombone.

Demikian, kegiatan sosialisasi tersebut juga merupakan salah satu program kerja Satgassus Wilayah I dan Wilayah II Kabupaten Bolmong.

Kabupaten Bolaang Mongondow sendiri, dari sisi wilayah administrasi kepolisian terbagi menjadi 2, yakni Polres Bolmong dan wilayah Polres Kotamobagu.

Untuk wilayah Polres Kotamobagu meliputi 4 Kecamatan, Lolayan, Passi Timur, Passi Barat dan Bilalang.

Terinformasi, bahwa kegiatan sosialisasi tersebut, sebelumnya telah dilaksanakan di 4 lokasi di wilayah Kepolisian Polres Bolmong oleh UPP Wilayah I Kabupaten Bolmong.

Rabu 20 September 2023 besok, UPP wilayah II, melanjutkan sosialisasi yang dipusatkan di SD N 2 Passi, sedangkan pesertanya seluruh Kepala Sekolah, Bendahara SD hingga SMP di wilayah Kecamatan tersebut.

 

Komentar