Bupati Limi Mokodompit Irup Upacara Hari Pahlawan hingga Pelarungan dan Tabur Bunga

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2022.

Dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bolmong, Lolak, ikut dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Forkopimda, Sekda Tahlis Gallang, para Asisten, para Kepala OPD, Camat, Sangadi, hingga ASN di Lingkup Pemkab Bolmong

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bolmong Limi Mokodompit membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini.

Tampak turut hadir di Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Sekda Bolmong, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, unsur Forkopimda hingga pimpinan OPD. (foto.Diskominfo Bolmong)

“Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh, untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita, sebagai bangsa dan negara merdeka,” ucap Bupati.

Perjuangan para pahlawan bangsa dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran, hanya karena mempertahankan kemerdekaan dan ini penting untuk kita resapi semangat dan keikhlasan mereka.

“Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan dari pemberian siapapun, melainkan berkat dan rahmat tuhan yang maha kuasa,” kata Bupati.

Tampak Bupati Limi Mokodompit saat persiapan Pelarungan Bunga di Pelabuhan Labuan Uki. (foto.Diskominfo Bolmong)

Maka hari ini, kita bersama-sama berada dalam perjuangan besar menaklukan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita.

“Dimana pemanasan global yang memicu berbagai bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih,” kata Bupati lagi.

Kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 dan kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

Maka dari itu, mari maju dan bergerak bersama dengan tekad untuk menang.

“Kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan negara,” jelas Bupati.

Tampak Bupati Limi Mokodompit didampingi dua anggota TNI melakukan pelarungan bunga di Pelabuhan Labuan Uki, Bolmong, usai Upacara Hari Pahlawan. (foto.Diskominfo Bolmong)

“Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini,” sambung Bupati Limi.

Upacara Hari Pahlawan pun berlangsung penuh khidmat.

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Limi Mokodompit bersama jajaran bergeser melakukan pelarungan bunga di Pelabuhan Laut Desa Labuang Uki.

Pelarungan dan tabur bungan tersebut, demi menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam medan pertempuran untuk merebut kemerdekaan Indonesia. (Advetorial)

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar