Di Kotamobagu, Ratusan Personil Siap Amankan Malam Tahun Baru

KOTAMOBAGU–Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid SIK, memimpin Apel Kesiapan pengamanan tahun baru yang digelar di Jalan Ahmad Yani, Jumat (31/12) sore tadi.

Ia menyebut sebanyak 426 personil gabungan siap mengamankan jalannya malam pergantian tahun 2021 ke 2022 di wilayah Kota Kotamobagu. Para personil gabungan itu, terdiri dari TNI, Polri, instansi terkait, Pramuka dan Ansor.

“Untuk titik-titik pengamanan diantaranya jalur lalu lintas dan gereja tempat ibadah saudara kita umat kristiani yang melaksanakan ibadah misa malam pergantian tahun dan tahun baru,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, personil gabungan ini akan ditempatkan di 6 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

“Termasuk di titik-titik yang menimbulkan kerumunan kita akan tempatkan personil pengamanan. Mudah-mudahan malam pergantian tahun ini bisa dilaksanakan dengan penuh suka cita tanpa harus menimbulkan kerumunan, tanpa arak-arakan, konvoi dijalan atau tidak ada pesta kembang api,” jelasnya.

Selain itu kata Kapolres, pada malam pergantian tahun pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di pusat Kota Kotamobagu.

“Dan untuk di pusat keramaian kita lakukan counter flow atau pengalihan arus lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan di pusat kota,” tuturnya.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh personil pengamanan malam pergantian tahun untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan dengan rasa tanggungjawab.

“Saya bersama pak Dandim mengimbau kepada rekan-rekan sekalian, agar laksanakan tugas kemanusiaan ini dengan rasa tanggungjawab demi kepentingan masyarakat. Selain itu, kegiatan malam pergantian tahun biasanya diisi oleh saudara kita yang beragama Kristiani untuk melaksanakan ibadah untuk itu wajib kita amankan,” ujar Kapolres.

Di sisi lain tambah Kapolres, adanya pandemi COVID-19 oleh pemerintah pusat telah mengatur pelaksanaan malam pergantian tahun dengan berbagai aturan demi menjaga penyebaran Covid-19.

“Instruksi Mendagri mengisyaratkan kepada kita bahwa tidak boleh ada kerumunan dalam perayaan malam tahun baru. Selamat bertugas mengamankan malam perayaan tahun. Tetap sehat dan semangat,” pesannya.

Dalam apel tersebut, Kapolres Kotamobagu bersama Dandim 1303 Bolmong, Letkol Inf Raja Gunung Nasution, menyerahkan suplemen kepada personil yang akan mengamankan jalannya malam pergantian tahun. Hadir dalam apel, Waka Polres Kompol Rina Frilya SIK, Wadanyon Brimob Detasemen B Inuai, AKP Agung Widodo serta pejabat teras Polres Kotamobagu. (*/Laras Dondo)

Komentar