oleh

DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna PAW Wakil Ketua Dewan

BOLMONG – Sekian lama pertanyaan siapa yang akan mengisi kekosongan kursi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang ditinggal Almarhum Abdul Kadir Mangkat akhirnya terjawab sudah. Sulhan Manggabarani SE SH secara resmi pun dilantik, Senin (18/10).

Pelantikan itu digelar DPRD Bolmong, melalui rapat paripurna dalam rangka pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019 – 2024.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, yang digelar di ruang rapat Paripurna Dewan, turut hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, para Asisten Setda Bolmong, pimpinan OPD serta unsur Forkopimda.

Dihadiri Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow, didampingi Ketua DPRD Welty Komaling, Wakil Ketua Sukron Mamonto dan Wakil Ketua Sulhan Manggabarani (PAW), rapat paripurna berjalan khidmat.

Adapun pengangkatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Utara Nomor 308 tahun 2021 tertanggal 29 September 2021 yang menyebutkan, mengangkat PAW atas nama Sulhan Manggabarani sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmong, sisa masa jabatan 2019-2024.

Pantauan Bolmong.news, pelantikan dan pengambilan sumpah janji tersebut dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu YM Andri Sufari SH M Hum. Disaksikan langsung Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama  jajaran Pemkab Bolmong, unsur Forkopimda Bolmong, anggota DPRD Bolmong, serta tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling menyampaikan, sebagaimana diamanatkan dalam peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, Pasal 42 ayat (1): Masa jabatan pimpinan DPRD terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah janji pimpinan dan berakhir bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan keanggotaan DPRD.

Tampak suasana Rapat Paripurna PAW, di Gedung DPRD Bolmong.

Selanjutnya, pimpinan DPRD berhenti dari masa jabatannya sebelum berakhir masa jabatannya, karena meninggal dunia sebagai pimpinan DPRD. Dan apabila yang bersangkutan diusulkan oleh partai politiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan demikian, Sulhan Manggabarani dari Partai Golkar telah memenuhi syarat untuk diresmikan sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmong pada sisa masa jabatan 2019-2024,” jelas Welty.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat bertugas dan berkarya kepada Wakil Ketua DPRD yang baru dilantik.

Mantan anggota DPR RI ini pun berharap, di sisa masa jabatan dari tahun 2021- 2024 nanti, akan menjadi waktu yang indah serta menjadi waktu yang benar-benar memberikan manfaat besar kepada masyarakat di Kabupaten Bolmong.

Foto bersama Bupati Yasti S Mokoagow, Ketua DPRD Welty Komaling, Wakil Ketua Sukron Mamonto, Wakil Ketua Sulhan Manggabarani bersama Forkopimda.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Almarhum Adul Kadir Mangkat Wakil Ketua DPRD Bolmong sebelumnya. Beliau telah memberikan sumbangsih pikiran, tenaga serta jasa dan pengabdian, selama empat periode menjadi wakil rakyat di Kabupaten Bolmong,” ucap Bupati.

“Semoga jasa serta pengabdian yang telah almarhum berikan kepada daerah ini, akan dicatat yang maha kuasa sebagai amal ibadah. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran dan keikhlasan oleh Allah SWT. Tuhan yang maha kuasa,” ucap Yasti lagi.

Disamping itu, PAW Wakil Ketua DPRD Bolmong Sulhan Manggabarani mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow yang ikut turut membantu. Sehingga pelantikan dan pengambilan sumpah janji pada hari ini terlaksana dengan baik.

Tampak foto bersama seluruh anggota DPRD Bolmong bersama Bupati Bolmong dan Forkopimda.

“Tak lupa juga teman – teman, maupun pimpinan dan anggota DPRD Bolmong. Terutama Ketua Komisi III Sutarsi Mokodompit, dan anggota Supandri Damogalad, Febrianto Tangahu, Muhammad Syahruddin Mokoagow serta kawan – kawan Ormas maupun LSM. Bahkan DPD Partai Golkar Bolmong yang telah memberikan support dan dukungan kepada saya,” tuturnya.

Sulhan pun mengungkapkan, akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh partai ini sebaik mungkin.

“Semoga amanah dan kepercayaan pimpinan partai Golkar yang diberikan kepada saya, dapat bermanfaat bagi masyarakat, daerah dan negara,” pungkas Sulhan.

Seperti diketahui, Sulhan Manggabarani dilantik menggantikan Abdul Kadir Mangkat yang meninggal saat sedang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmong dari Partai Golkar Bolmong.

 

(Advetorial/Yudi)

Komentar