oleh

Tingkatkan Ketahanan Fisik, Letkol Asman Mokoginta Ajak Prajurit Lakukan Aerobik

BolmongNews.com, Nasional–Untuk menjaga ketahanan fisik bagi prajurit, Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta mengajak prajurit dan PNS Kodim 0717/Purwodadi melakukan lari aerobik.

Kegiatan itu rutin dilakukan setiap Selasa dan Kamis pada setiap pekannya.

Sebelum kegiatan dimulai, dilaksanakan apel pagi di halamam makodim. Dilanjutkan dengan senam peregangan selama 15 menit yang dipimpin oleh Bati Opslat Peltu Puryanto.

”Lari aerobik ini program yang wajib dilaksanakan setiap prajurit dan PNS. Tujuannya untuk memelihara dan meningkatkan ketahanan fisik, agar terpelihara dengan baik,” ucap Mokoginta.

Tak hanya itu, pembinaan fisik bagi anggota Kodim juga dimaksud untuk mendukung kesiapan dalam tugas.

”Olahraga ini juga untuk menjaga kebugaran, dan mendukung kemampuan individu prajurit. Sehingga, tugas-tugas pokok dapat terlaksana dengan baik,” tambah putra Bolmong Raya itu.

Menurut Dandim, jika rutin dilakukan, dengan olahraga aerobik ini personel akan memilik badan yang sehat. Terlebih diimbangi empat sehat lima sempurna. Maka anggota dapat terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dalam kedinasan.

Namun kegiatan lari aerobik ini juga dilakukan sesuai dengan batas kemampuan masing-masing anggota. Kalaupun ada anggota yang tidak mampu untuk berlari diharapkan bisa jogging agar bisa membakar kalori.

”Biasanya ada cek kesehatan lebih dulu. Sebab lari aerobik ini bukan sembarang olahraga. Dimana saat pelaksanaan harus memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan. Meskipun terlihat ringan hanya mengayunkan kaki secara terus menerus, namun berlari masuk kategori olahraga berat. Maka butuh persiapan matang dan fisik yang prima,” ujar Mokoginta. (RK/ewin)

Komentar