Tingkatkan Kesadaran Pedagang, Disdagkop-UKM Kotamobagu Gelar Penyuluhan Keamanan Pangan

BNews, KOTAMOBAGU – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) Kotamobagu menggelar penyuluhan keamanan pangan di Pasar 23 Maret, Selasa, (16/07/2024).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran pedagang tentang pentingnya menjual makanan yang aman.

Sekretaris Disdagkop UKM, Apri Paputungan, mengatakan penyuluhan ini merupakan langkah untuk memastikan makanan yang dijual di pasar aman dikonsumsi.

Acara ini menghadirkan narasumber dari BPOM Manado, Dinas Kesehatan Kotamobagu, dan UPTD Puskesmas Gogagoman, yang memberikan materi tentang penyimpanan dan identifikasi makanan yang layak konsumsi.

“40 pedagang mengikuti penyuluhan ini, mendapatkan pemahaman mendalam tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kualitas makanan. Penyuluhan juga menjadi ajang diskusi dan berbagi pengalaman mengenai tantangan dalam menjaga keamanan pangan di pasar,”kata Apri.

Lebih lanjut Apri menjelaskan,  dengan program ini, diharapkan pedagang lebih memahami dan menerapkan prinsip keamanan pangan.

Penyuluhan ini, kata dia, juga memperkuat hubungan antara pemerintah, pedagang, dan masyarakat dalam menjaga kesehatan bersama.

“Melalui penyuluhan ini, pedagang diharapkan lebih siap menjaga kualitas makanan yang dijual, menerapkan panduan praktis dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Balai BPOM Manado menekankan pentingnya pengawasan makanan yang dijual di pasar, memberikan tips praktis tentang penyimpanan dan identifikasi makanan yang tidak layak konsumsi.

Sementara, Dinas Kesehatan Kotamobagu dan UPTD Puskesmas Gogagoman turut memberikan informasi dampak kesehatan makanan, yang tidak aman serta layanan konsultasi kesehatan gratis.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar