Terima Kunjungan Tim Kemendikbudristek, Bupati Iskandar Sambut Baik Bolsel Jadi Lokasi Pilot Project Nasional

BNews, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani, bersama jajaran menerima kunjungan tim dari Kemendikbudristek Republik Indonesia (RI)

Kunjungan itu dipimpin langsung humas pusat penguatan karakter Taufik Dahlan.

Dalam kunjungan tersebut membahas tentang pemilihan Bolsel sebagai pilot project Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan) tingkat Nasional. Bertempat di ruang kerja Kantor Bupati, lantai 3 Kawasan Perkantoran Panango Kecamatan Bolaang Uki, Kamis (18/7/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Rante Hattani, mengatakan bahwa Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023 adalah langkah pasti untuk menerapkan pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan.

Dia menambahkan, Pemkab Bolsel sesuai kewenangannya melakukan penguatan tata kelola dengan cara menyusun dan menetapkan Peraturan Kepala Daerah No. 62 tahun 2023 untuk mendukung Permendikbud tersebut.

“Untuk mempermudah pelaporan maka telah dikembangkan sistem pelaporan kekerasan melalui aplikasi SILARAS. Aplikasi ini dapat mempermudah pelaporan dan menjamin kerahasiaan identitas pelapor,” ujar Rante.

Sementara itu, Iskandar Kamaru menyambut baik pemilihan Bolsel sebagai lokasi pilot project nasional praktik baik penguatan karakter PPKSP Kemendikbudristek-RI.

Dikatakannya, bahwa Pemda Bolsel melalui Dinas Dikbud dan Dinas PPPAKB secara terus-menerus telah melakukan sosialisasi Permendikbud No. 46 ini kepada seluruh satuan pendidikan yang ada di Bolsel.

Dirinya juga menambahkan beberapa hal terkait Bullying dan tindak lanjut mengenai hal tersebut.

“Alhamdulilah Pemda juga selalu mendapat dukungan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Utara yang terus bersinergi dan memberikan pendampingan yang intens,” ujar Iskandar.

Reporter: Wawan Dentaw

Komentar