oleh

Sudah Ada di Play Store, SiKeMas Milik Pemkot Akan Mengikuti Lomba Tingkat Provinsi

BOLMONGNEWS KOTAMOBAGU–Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kotamobagu, Selasa (3/7/2018), kembali menciptakan aplikasi baru.

Yakni, aplikasi pengaduan pelayanan masyarakat yang diberi nama SIKeMas (Sistem Informasi Kelurahan Masyarakat ).

Kepala Data Center Pemkot Kotamobagu, Rudy Unu, mengungkapkan, saat ini SIKeMas sudah ada dalam Play Store.

“Sudah bisa download, tapi ada sedikit gangguan. Tapi kami pastikan lewat pukul 24.00 WITA (malam ini),  aplikasi ini sudah normal sampai dengan seterusnya,” ujarnya.

Kepala Bidang Statistik Informasi dan Komunikasi Publik (SIKP) Diskominfo Kotamobagu, Moh Fahri Damopolii, mengatakan, sistem ini nantinya akan mengintegrasikan semua keluhan masyarakat, diseluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk pelayanan di rumah sakit.

“Sistem kerjanya untuk setiap laporan, keluhan, saran yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi berbasis web/android ini, secara otomis akan di forward oleh sistem ke SKPD teknis untuk menunggu respon atau tanggapan, ” kata Fahri.

Fahri menjelaskan, dari hasil laporan melalui web tersebut,  SKPD teknis kemudian akan menindaklanjuti setiap laporan, keluhan atau saran dari masyarakat itu dengan jangka waktu penyelesaian sesuai tingkat permasalahan yang disampaikan.

“Setelah direspon atau ditanggapi, sistem pun secara otomatis akan mengirimkan respon atau tanggapan itu ke wall SiKemas yg bisa dilihat dan dibaca oleh masyarakat umum, ” jelasnya.

Sementara itu,  Kepala Diskominfo Kotamobagu,  Ahmad Yanni Umar menerangkan, aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kotamobagu. Sekaligus juga membantu pemerintah  dalam memberikan pelayanan.

“Jadi dengan aplikasi ini masyarakat bisa melakukan pengaduan terkait proses pelayanan public yang ada di Instansi Pemerintah Kotamobagu. Seperti  proses perizinan, pelayanan kependudukan, persampahan, penataan parkir, penataan pasar, sarana jalan, pelayanan pajak yang berkait dengan pelayanan publik,” terangnya.

Menariknya, kata Yani aplikasi ini akan di ikutsertakan dalam lomba inovasi ditingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Harapannya dengan dirilisnya aplikasi ini bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat. Bisa langsung di download  di Play Store. Sekaligus juga bisa membantu menambah jumlah hits atau pengguna aplikasi ini, karena Rabu (4/7/2018) esok, SiKeMas ini akan mengikuti lomba inovasi tingkat Kabupaten/Kota se Sulut di Manado,” tutupnya.  (tr-01/ewin)

Komentar