Siap Sambut Hari Kemerdekaan, Paskibraka Kotamobagu Mulai Pra Diklat

BNews, KOTAMOBAGU — Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Kotamobagu memulai pra pemusatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Lapangan Boki Hontinimbang. Pra Diklat ini merupakan langkah awal penting menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wasbang, Ena Sutarty Monoarfa menyampaikan bahwa 36 anggota Paskibraka tengah menjalani latihan intensif.

“Latihan pra Diklat sedang berlangsung. Pembukaan resmi Diklat pemusatan dijadwalkan pada 24 Juli 2024 di kantor wali kota,” kata Monoarfa saat dihubungi media ini melalui WhatsApp, Jumat (19/7/2024).

Latihan dimulai pukul 05:30 pagi hingga sore hari. Saat ini, peserta telah mencapai 70% persiapan, meski penugasan spesifik seperti pembawa baki dan pengibar bendera belum ditentukan.

“Penugasan spesifik belum diberikan. Kami masih dalam tahap pemantapan PBB dan formasi. Pembina dan pelatih akan menentukan tugas berdasarkan kemampuan masing-masing,” tambah Monoarfa.

Berdasarkan SK Sekretaris Daerah Kotamobagu, sebanyak 38 anggota Paskibraka akan bertugas pada Hari Kemerdekaan. Dari jumlah tersebut, 2 anggota akan dikirim ke tingkat provinsi untuk mengikuti Diklat pemusatan pada 23 Juli.

Monoarfa berharap para peserta tetap menjaga stamina dan kesehatan. “Kami berharap semua peserta dalam kondisi sehat hingga pelaksanaan. Setelah dikukuhkan pada 15 Agustus 2024, semoga mereka menjadi duta Pancasila yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar