Sektor Kesehatan hingga Peningkatan Kualitas Tenaga Medis Jadi Program Unggulan NK-STA

BNews, KOTAMOBAGU – Sektor kesehatan menjadi salah satu perhatian utama bagi Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kotamobagu, Nayodo Koerniawan dan Sri Tanti Angkara (NK-STA).

Di mana sektor kesehatan ini menjadi program unggulan pasangan NK-STA, dari sejumlah program yang ditawarkan untuk membangun Kota Kotamobagu lebih maju.

Hal tersebut disampaikan Paslon NK-STA,  bersama Benny Rhamdani saat melakukan kunjungan silaturahmi dengan masyarakat Kampung Baru, Kecamatan Kotamobagu Barat, dan Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara, pada Minggu (8/9/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Benny Rhamdani memaparkan, salah satu yang menjadi perhatian utama adalah program di bidang kesehatan.

Program ini untuk meringankan beban masyarakat, terutama di kalangan menengah ke bawah.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Hanura itu menjelaskan, NK-STA berkomitmen untuk menggratiskan iuran BPJS bagi masyarakat yang layak menerima selama lima tahun ke depan.

“Iuran BPJS setiap kepala keluarga di Kotamobagu akan digratiskan. Meski tampaknya kecil, hanya sekitar Rp35 ribu per bulan untuk kelas 3, dampaknya sangat besar bagi keluarga yang berpenghasilan rendah,” ujar Benny.

Politisi nasional ini mencontohkan bahwa bagi keluarga dengan penghasilan harian, seperti buruh bangunan atau petani, tanggungan BPJS untuk 3 hingga 5 anggota keluarga bisa menjadi beban yang berat.

“Oleh sebab itu, program BPJS gratis ini akan menjadi salah satu solusi yang nyata untuk mengurangi beban finansial masyarakat,” ujar Benny.

Di tempat yang sama, Nayodo Koerniawan menambahkan, selain pada pembiayaan kesehatan, mereka juga fokus pada peningkatan kualitas tenaga medis di Kotamobagu.

“NK-STA berencana untuk melakukan penguatan sumber daya manusia di sektor kesehatan melalui pelatihan bagi dokter dan perawat di rumah sakit bertaraf internasional,” terangnya.

Nayodo berharap, program tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

“Kesejahteraan dan kompetensi tenaga medis akan menjadi prioritas kami,” ujarnya.

Sementara itu, Sri Tanti Angkara menjelaskan, khusus untuk ibu hamil juga menjadi bagian program mereka.

Setiap ibu hamil di Kotamobagu akan didampingi oleh tenaga kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan janin terpantau dengan baik hingga proses persalinan.

“Pemeriksaan dan pendampingan ini akan digratiskan oleh pemerintah sebagai bagian dari komitmen kami untuk melindungi kesehatan ibu dan bayi,” pungkas STA yang merupakan satu-satunya perwakilan perempuan yang ikut dalam Pilkada Kotamobagu 2024.

Program-program unggulan yang ditawarkan NK-STA tidak hanya menjawab kebutuhan masyarakat saat ini, tetapi juga menunjukkan visi mereka dalam membangun masa depan Kotamobagu yang lebih baik.

Diketahui, NK-STA diusung oleh Tiga Partai, yakni PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Demokrat.

 

Editor: Erwin Ch Makalunsenge

 

 

Komentar