Revitalisasi Warisan Budaya, Disbudpar Kotamobagu Rencana Gelar Lomba Desain Batik

BNews, KOTAMOBAGU — Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta memberikan apresiasi atas peluncuran kain batik bermotif ragam budaya dan pariwisata Bolaang Mongondow yang diproduksi Zabay Collection.

Menurut Anki, kehadiran batik dengan motif khas Bolaang Mongondow tersebut, menjadi kebanggaan karena dengan sendirinya telah mempromosikan tentang Bolaang Mongondow Raya.

Lanjutnya, sebagai bentuk support ke depan pihaknya akan bekerjasama dengan Zabay Collection untuk menggelar lomba desain batik yang bertemakan tentang budaya dan pariwisata Bolaang Mongondow.

“Ke depan akan ada lomba desain motif batik berbasis ciri khas budaya dan pariwisata Bolaang Mongondow, sasarannya anak-anak muda kita yang punya fashion. Mereka akan ditantang untuk menggali karena mungkin masih ada warisan leluhur yang belum tergali dan diekspos, sehingga ini bisa menjadi latar atau icon kain batik untuk Zabay Colection,” kata Anki disela acara peluncuran batik motif Bogani produksi Zabay Collection Sabtu (28/10/2023) pekan lalu.

Anki berharap dengan adanya rencana pelaksanaan lomba desain batik tersebut, bisa menggali warisan leluhur yang mungkin belum terekspos.

“Saat ini kan sudah ada motif kopi, patung bogani, kabela, cengkeh, destinasi wisata di Bolaang Mongondow Raya dan berbagai corak lainnya. Mungkin masih ada lagi warisan budaya yang tidak diketahui, tetapi karena dikompetisikan sehingga diharapkan lahir dari anak-anak muda Bolmong Raya,” harapnya.

Adapun untuk pelaksanaan lomba tambah Anki, rencananya akan digelar bertepatan dengan HUT Kota Kotamobagu mendatang.

“Insyaallah digelar tahun depan karena nantinya akan digandeng dengan HUT Kotamobagu. Dan pastinya lomba akan melibatkan Zabay Collection,” pungkasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar