Rekomendasi Tindak Lanjut BPK RI Bolsel Melebihi Target, Ini yang Disampaikan Iskandar

BNews, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, didampingi Sekertaris Daerah M. Arvan Ohy dan Inspektur, Ridel Paputungan mengikuti giat Pemantauan Tindak Lanjut atas Rekomendasi Hasil Pemeriksaan dan Penyelesaian Ganti Kerugian Daerah Semester I Tahun 2024.

Kegiatan tindak lanjut Rekomendasi BPK RI itu turut dihadiri oleh para Bupati/Walikota se-Sulut yang bertempat di Ballroom Grand Kawanua Novotel Manado, Senin (10/6/2024).

Rekomendasi Tindak Lanjut BPK RI Bolsel Melebihi Target. Foto: Diskominfo Bolsel

Kepala Perwakilan BPK-RI Sulut, Arief Fadillah dalam sambutannya menjelaskan bahwa tindak lanjut ini atas rekomendasi pemeriksaan LKPD di Semester II Tahun 2024.

“Akan  ditargetkan mencapai angka 75%,” kata Arief  Fadilah.

Ia menambahkan dalam Visi BPK dalam melakukan kegiatan ini yaitu melakukan pemeriksaan dengan memberikan rekomendasi, pertimbangan dan pendapat.

“Agar Kemudian yang kedua yaitu mencegah korupsi dan percepatan kerugian negara,” kata Arief Fadilah

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Steven Kandouw (Wagub) meminta para kepala daerah di Sulawesi Utara agar mengikuti arahan-arahan dari BPK karena konsekuensinya sudah jelas.

“Apa yang disampaikan oleh Pak Kepala Perwakilan tadi saya kira sangat penting dan mohon ini menjadi perhatian para kepala daerah yang hadir saat ini,” ucapnya.

Rekomendasi Tindak Lanjut BPK RI Bolsel Melebihi Target. Foto: Diskominfo Bolsel.

Sementara itu, Bupati Iskandar dalam pemaparannya mengungkap bahwa Bolsel telah berhasil memperoleh 10 kali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut yang setiap tahunnya diikuti dengan capaian progres tindak lanjut yang memuaskan.

Saat kata Iskandar dari semua pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK pada semester II tahun 2023 terdapat 632 rekomendasi.

Rekomendasi Tindak Lanjut BPK RI Bolsel Melebihi Target. Foto: Diskominfo Bolsel.

“Alhamdulillah Pemkab Bolsel telah menyelesaikan 531 rekomendasi dengan persentase 84,15 % dan sisanya dalam proses penyelesaian,” ucap Iskandar.

(Advertorial)

 

Komentar