Rakor Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu 2024, Begini Penjelasan Bawaslu Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kotamobagu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Penetapan Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Sutan Raja Kotamobagu tersebut dibuka Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu Yunita Mokodompit, Minggu (21/4/2024).

Dalam sambutannya Yunita menyampaikan kesyukuran atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

Menurutnya seluruh tahapan telah berjalan baik, tentunya tidak lepas dari peran dan kerjasama semua stakeholder.

“Kita tahu bersama, penetapan hasil Pemilu ada perselisihan hasil yang sedang berproses dan kita juga masih menunggu, tapi sejauh ini kami pihak penyelenggara bisa mengatakan pelaksanaan tahapan berjalan baik, hal ini dapat dilihat dari sejumlah indikator, diantaranya stabilitas keamanan terjaga selama tahapan dan partisipasi masyarakat pemilih meningkat,” ujarnya.

Dia juga berharap, para pemimpin yang lahir lewat Pemilu tahun 2024 benar-benar pemimpin yang berkualitas, amanah dan tentunya pro kepentingan rakyat demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Semoga kesuksesan pelaksanaan Pemilu akan berlanjut dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” harapnya.

“Tahapan Pilkada sudah running, kami berharap semoga kesuksesan dan segala yang baik dalam Pemilu bisa lanjut hingga pelaksanaan Pilkada nanti,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Koordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Bawaslu Kota Kotamobagu Ari Setiawan Mokodompit menambahkan, tujuan dilaksanakannya rakor tersebut, yakni untuk menyampaikan kepada stakeholder kepemiluan terkait kerja-kerja yang telah dan akan dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Kotamobagu dalam rangka memastikan penetapan hasil pemilu 2024 berjalan sesuai dengan ketentuan.

“Saat ini, Bawaslu Kota Kotamobagu telah melaksanakan pengawasan proses Rekapitulasi Perolehan Suara dari tingkat Kecamatan hingga ke tingkat Provinsi. Ke depan, kami tinggal menunggu proses Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi selesai. Apabila PHPU telah selesai dan inkratch, tugas Bawaslu selanjutnya tinggal memastikan jalannya proses Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD terpilih pada bulan Oktober nanti,” tandasnya.

Dalam rakor ini, Bawaslu Kota Kotamobagu menghadirkan narasumber masing-masing mantan Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu Dr. Musli Mokoginta bersama Dosen Unima Manado Dr Irene Tangkawarow yang hadir secara virtual.

Adapun peserta rakor terdiri dari Panwascam, Organisasi Kepemudaan (OKP), Tokoh Masyarakat serta insan Pers.

(Erwin Ch Makalunsenge)

Komentar