Prabowo Sambut Kunjungan KPU Bawaslu dan Disdukcapil

HUKRIM— Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotamobagu Setyo Prabowo Bc IP SPd Msi sambut kunjungan kerja (Kunker) Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan pengawas pemilu (Bawaslu) bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapil) Kotamobagu, di ruang kerjanya, Senin (21/6).

Kunjungan ini dalam rangka pemutakhiran data pemilih warga binaan pemasyarakatan (WBP), baik itu tahanan maupun narapidana penghuni Rutan Kelas IIB Kotamobagu.

Prabowo menyebutkan, jumlah penghuni Rutan Kotamobagu berjumlah 271 orang. Sehingga Rutan Kelas IIB Kotamobagu, merupakan salah satu penyumbang suara dalam setiap pemilihan dilaksanakan daerah.

“Kami merupakan salah satu penyumbang suara dalam setiap pemilihan umum, baik itu Presiden dan Wakil Presiden, hingga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” sebutnya.

Lanjut Prabowo, apalagi Rutan Kotamobagu satu-satunya Rutan yang berada dalam wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) dengan 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya.

“Oleh karena itu, pemutakhiran data secara berkala di Rutan Kotamobagu penting dilakukan. Mengingat data penghuni Rutan sering kali berubah, karena adanya ketambahan penghuni maupun adanya penghuni yang bebas,” jelas Prabowo.

Menurutnya, kunker ini juga sesuai amanat undang-undang dengan maksud menjamin hak politik (WBP) pada saat pemilihan umum dilaksanakan nanti.

“Saya sangat berharap agar seluruh WBP, tahanan maupun narapidana, dapat berpartisipasi mensukseskan pesta demokrasi dimasa yang akan datang,” harap Prabowo.

Diketahui, dalam kunjungan tersebut turut dihadiri Ketua KPU Kotamobagu Iwan Manoppo, Divisi Data dan Informasi KPU Kotamobagu Yokman Muhaling, Pimpinan Bawaslu Kotamobagu Ivan B Tandayu, dan perwakilan Disdukcapil Kotamobagu.

Peliput : Yudi Paputungan.

Komentar