Polisi Amankan Ribuan Liter BBM Solar Bersubsidi

BNews, HUKRIM – Satuan Reserse Kriminal Polres Minahasa Selatan (Minsel) mengamankan ribuan liter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dalam pengungkapan tindak pidana penyalahgunaan pengangkuta atau niaga BBM.

Hal tersebut jelaskan dalam kegiatan konferensi pers, Selasa siang (16/01/2024), yang dihadiri Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, Kasat Reskrim Iptu Firman Rinaldi, Kasi Humas Iptu Corneles Kainama bersama sejumlah wartawan.

“Awalnya, kami melakukan pengecekan terhadap satu unit kendaraan tanki nomor TNKB D 8424 WH pengangkut BBM solar yang mencurigakan. Setelah diperiksa, pengangkutan tersebut tidak dilengkapi dokumen transportir BBM industri yang sah, sehingga kendaraan bersama pengemudinya langsung kami amankan,” ujar Kapolres Minsel.

Diketahui kendaraan tanki tersebut mengangkut BBM jenis solar sebanyak 8.000 liter milik dari PT Valjez Queen Energi.

“BBM jenis solar ini akan dibawa ke perusahaan yang ada di wilayah Propinsi Gorontalo untuk dijual kembali dengan tujuan mendapatkan keuntungan,” terang Kapolres.

Modus operandi yaitu membeli BBM Solar subsidi di penampung kemudian dijual kembali dengan cara menyuplai BBM industri Rp12.500 per liter.

“Total penjualan untuk 8.000 liter solar ini mencapai Rp100.000.000, (seratus juta rupiah),” tambah Kapolres.

Dalam pengungkapan kasus ini, Polres Minsel telah mengamankan barang bukti 1 unit kendaraan Tanki nomor TNKB D 8424 WH dengan muatan 8.000 liter BBM jenis Solar.

Selain itu diamankan juga  pengemudi berinisial NT alias A, warga Kota Manado beserta SIM, serta lembaran surat invoice pembelian BBM Bio Solar dari PT Valjez Queen Energi kepada PT KSO Yasa-Annhal.

“Untuk ancaman hukuman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak enam puluh milyar rupiah,” pungkas Kapolres.

 

Penulis: Erwin Ch Makalunsenge

 

Komentar