Perkuat Budaya Literasi, Pemkot Kotamobagu dan UDK Siapkan Program Edukasi untuk Masyarakat

BNews, KOTAMOBAGU – Dalam upaya memperkuat budaya literasi di Kota Kotamobagu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ham Rumoroi, menerima kunjungan dari Rektor Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK), Dr. Muharto, beserta jajarannya, di Kantor Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kotamobagu, Selasa (02/10/2024).

Menurut Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kotamobagu, Ham Rumoroi kunjungan ini diharapkan dapat menciptakan sinergi antara pemerintah dan dunia pendidikan, guna meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

“Kami sangat mendukung program-program yang diusulkan oleh UDK. Kerja sama ini bertujuan untuk menggugah semangat literasi di daerah ini,” ungkap Ham.

Lebih lanjut, Ham menekankan bahwa Gedung Perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat membaca dan meminjam buku.

“Kami berkomitmen untuk mengoptimalkan pemanfaatan gedung ini. Banyak kegiatan literasi yang dapat dilakukan, seperti pentas seni budaya, kuliah umum, pelatihan, dan bedah buku,” tambahnya.

Sementara itu, Dr. Muharto menjelaskan tentang program unggulan Bogani Smart, yang bertujuan memberikan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR) dengan fokus pada peningkatan literasi.

“Program ini mencakup tiga kegiatan utama. Pertama, mengakrabkan pelajar dan mahasiswa dengan kegiatan membaca, menulis, dan berdiskusi di perpustakaan. Kedua, kami akan melaksanakan bimbingan teknis dalam penulisan artikel ilmiah dan buku. Ketiga, seminar-seminar yang relevan dengan pengembangan literasi dan akademik,” jelasnya.

Dr. Muharto optimis bahwa jika ketiga program ini dapat dilaksanakan secara konsisten, generasi di Kota Kotamobagu dan BMR akan memiliki nalar kritis dan kreativitas yang berkembang.

“Kami berharap, dengan ini, masyarakat akademis yang produktif, inovatif, serta siap berkontribusi untuk bangsa akan terbentuk,” pungkasnya.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar