Peringatan HKN ke-59 Tahun, Sekda: Perlu Dilakukan Transformasi Kesehatan

BNews, KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59, menggelar rangkaian kegiatan ceremony, pencanangan dan bazar sehat.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Bonobokon, Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kamis (23/11/2023) ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu Sofyan Mokoginta.

Melalui sambutannya, Sofyan menyampaikan ucapan selamat HKN yang ke 59 tahun.

“Saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 59 tahun, semoga momentum kegiatan HKN tahun ini akan semakin meningkatkan motivasi kita semua dalam upayah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta meningkatkan kesadaran pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Sofyan.

Dikatakannya, peringatan HKN ke 59 tahun 2023 yang mengambil tema transformasi kesehatan untuk Indonesia maju ini, tentunya menggambarkan adanya tekad kuat dari kita semua untuk terus berbenah dan melangkah maju untuk menciptakan sistem kesehatan yang tangguh, berkualitas serta mampu menghadapi setiap perubahan zaman.

“Sehingga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan maka perlu dilakukan transformasi kesehatan, yaitu perubahan sistem pelayanan kesehatan agar lebih mudah, efektif serta lebih efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, Perlu ada perubahan pelayanan dari yang selama ini dilakukan dari berbagai inovasi, apa yang sudah kita lakukan saat ini sudah baik namun, untuk menuju Indonesia baru yang kita cita-citakan bersama tentu perlu dilakukan perubahan-perubahan sistem pelayanan nasional.

“Hari ini Dinas Kesehatan juga akan meluncurkan inovasi Kabela atau gerakan ba pake lotion anti nyamuk, di mana gerakan ini untuk menekan kasus DBD yang ada di Kota Kotamobagu. Seperti ketahui bersama, akhir-akhir ini kasus DBD di Kotamobagu semakin meningkat, maka perlu dilakukan berbagai gerakan pemberantasan,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Sofyan mengajak semua warga Kotamobagu untuk menjadikan HKN ke 59 ini sebagai pemacu semangat dalam mewujudkan transformasi kesehatan.

“mari bersama-sama kita bangun Kota Kotamobagu yang sehat dan Indonesia yang maju,” ajaknya.

Turut hadir dalam kegiatan peringatan HKN ke 59, Asisten I Nasli Paputungan, Asisten II Adnan Massinae, Kepala Dinkes bersama Jajaran, Pimpinan BRI, Pimpinan PNM, Pimpinan Telkomsel dan seluruh OPD di Lingkungan Pemkot Kota Kotanobagu.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar