Penyaluran BST Bulan Maret di Pending, Ini Penyebabnya

BOLTIM – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk terdampak Covid-19 Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) per bulan Maret di pending.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Slamet Riyadi Umbola dijumpai diruang kerjanya, Selasa (16/3/2021)

Ia mengatakan, bahwa penyaluran bantuan sosial sebesar Rp300.000 belum dilakukan.

“Penyaluran BST untuk bulan maret ini masih ditunda, itu sesuai surat Mentri Sosial,” terangnya.

Hal tersebut, terjadi dikarenakan hingga saat ini, masih adanya perbaikan tentang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), terhadap Nomor Induk Keluarga (NIK) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Karena adanya perbaikan data, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, itu ada pemadangan data terkait dengan NIK yang ada di Dukcapil dengan DTKS, kemudian ada verifikasi dan validasi lagi, mana yang sudah meninggal juga yang berhak menerima, karena kemungkinan ada yang telah menjadi PNS atau kehidupannya sudah baik,” tuturnya.

“Untuk sementara kita masih menunggu surat lagi dari kementrian, sambil verifikasi data kita laksanakan, pemadangan data juga kita laksanakan,” tambahnya.

Kuota penerima bantuan masih sama, namun adanya pengurangan yang dilakukan, sesuai dengan penyesuaian data.

“Untuk kuota penerima masih sama, cuma penerima agak berkung, karena berjalannya waktukan, dari tahun 2020 kemarin, hingga bulan Februari itukan ada penyesuaian-penyesuaian data yang double (ganda). Makanya terus dilakukan penyaringan, kemarin pada bulan Februari itu ada 3.500 sekian Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” tandasnya

(Fichi)

Komentar