Pemkab Bolmut gelar Shalat Istisqa ‘Minta Hujan’

BNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan Shalat Istisqa Minta Hujan, bertempat di halaman Kantor Bupati Bolmut, Boroko, Jumat 13 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut, diawali dengan bacaan istighfar dan dilanjutkan dengan Shalat Istisqa  yang diimami langsung Ust Basir Binjanati.

Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena bersama seluruh jajaran Pemkab Bolmut, dan diikuti Kepala Kantor Kemenag Bolmut Idrus Sante, Ketua DMI Bolmut Amin Lasena, hingga Ketua TP-PKK Bolmut Ny Ening Sutrisni Lasena, begitu khusyuk mengikuti Shalat Istisqa tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bolmut Hamdan Pohontu, mengatakan Shalat istisqa dilakukan untuk memperoleh kepastian terhadap turunnya hujan.

Baca Juga :Pemkab Bolmut Gelar Yasinan dan Doa bersama Minta Hujan

Selain itu, keutamaan lainnya adalah menjadikan seorang muslim sebagai hamba yang mampu melakukan pertaubatan.

“Demikian diharuskan saling berbagi dengan sesama, agar Allah SWT memberikan keberkahan dari langit termasuk air hujan,” ucap Hamdan dalam khutbahnya.

Disamping itu, Ketua DMI Bolmut Amin Lasena  saat bersua dengan bolmong.news,  mengatakan bahwa kegiatan ini disamping meminta rahmat untuk diturunkan air hujan juga sebagai bahan introspeksi atau muhasabah diri.

Ini dalam artian, kata Amin Lasena menjelaskan, apakah selaku hamba sudah ditunaikan kewajiban yang harus sewajibnya kita laksanakan.

Misalnya, Amin menyebut, seperti ibadah shalat wajib, zakat mal,infaq serta sedekah kepada yang membutuhkan (fakir miskin) dan anak-anak yatim piatu. Dan itu apakah sudah kita berikan?

Baca Juga :Pesan Ketua DMI Bolmut soal Imbauan Puasa dan Shalat Istisqa

Jikalau ini belum, lanjutnya, maka mulailah saat ini kita banyak bertaubat, serta apa yang menjadi tangung jawab seorang muslim untuk bisa dilaksanakan.

Bahkan, mantan Wakil Bupati Bolmut ini mengutip sebuah hadits Nabi Muhammad SAW, wallahu fi aunil abdi ma kaanal abdu fi auni akhih yang artinya Allah SWT sentiasa menolong hambanya selagi hambanya menolong saudaranya.

“Saya berpesan, marilah muhasabah diri agar doa-doa kita diijabah oleh Allah SWT,” pungkas Amin Lasena.

Komentar