Pantau Aktivitas Kota, Tahun ini Diskominfo Tambah 6 Unit CCTV

BolmongNews.com, Kotamobagu–Pemkot Kotamobagu tahun ini akan menambah pemasangan Camera Closed Circuit Television (CCTV).

Menurut Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo,  Yusrin Mantali, salah satu tujuan pemasangan CCTV tersebut merupakan penunjang bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  dalam rangka analisis kepadatan lalintas.

“Selain itu juga bisa digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap terjadinya tindakan kriminal oleh aparat penegak hukum.  Termasuk juga pelanggaran lalu lintas sampai pada penerangan e-tilang, ” kata Yusrin,  Rabu (16/1/2019).

Yusrin menjelaskan, saat ini pihaknya sedang dalam proses penyusunan spesifikasi teknis barang dan penyusunan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB).

“Setelah itu kemudian diajukan dibagian pengadaan barang dan jasa untuk dilelang.

Lanjutnya, proses lelang kegiatan pengadaan CCTV ini akan dilaksanakan bulan Februari mendatang.  Dimana sesuai rencana Diskominfo CCTV tersebut akan dipasang pada enam titik lokasi.

“Enam CCTV akan dipasang di enam titik Lokasi.  Masing-masing  di simpang tiga kompleks SD N I Kotamobagu, simpang tiga Kelurahan Molinow,  Simpang Tiga Kelurahan Matali,  Simpang Empat Kelurahan Kotobangon dan pintu masuk Kelurahan Mongkonai, dan di simpang Tiga Kelurahan Gogagoman, ” ujarnya.

Yusrin menambahkan,  sebelumnya Pemkot sudah melakukan pemasangan CCTV tersebut d Lima titik lokasi.

“Sudah ada Lima yang terpsang,  yaitu di traffic light Kelurhan Mogolaing depan bundaan paris,  depan kantor Wali Kota, data center dan di traffic light taman kota, ” tambahnya. 

Sementara itu, Kadis Kominfo Ahmad Yani Umar, mengatakan, berdasarkan survey ada 21 titik yang dianggap rawan sehingga perlu dipasang CCTV.

“Sisanya lagi akan diusulkan pada APBD Perubahan tahun 2019 dan Tahun 2020 mendatang, ” ungkapnya. (ewin)

Komentar