Olly Vs VAP, Berebut BMR

BOLMONG- Sudah dipastikan Olly Dondokambey akan ditantang oleh Vonnie Anneke Panambunan (VAP). Dua putra Tonsea – sub etnis Minahasa – ini akan bertarung sengit di wilayah Minahasa raya. Nah disinilah wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) akan jadi rebutan figur Minahasa ini.

Namun BMR punya karakteristik pemilih yang berbeda dengan Minahasa. Masyarakat di BMR cenderung menetapkan pilihan pada kedekatan dan kekerabatan.

Di kalangan warga BMR terdapat asa agar muncul calon dari BMR sebagai wujud representasi mereka. Sejarah mencatat, Gubernur Champion tak selalu punya cerita indah di Tanah Totabuan.

Olly Dondokambey dan Steven Kandouw sendiri pernah keok di BMR dalam pilkada 2015 lalu. Mereka kalah dari pasangan Benny Mamoto dan David Bobihoe.

Lima tahun sebelumnya mayoritas warga BMR lebih mendukung SVR dan MMS ketimbang SH Sarundajang dan Djauhari Kansil yang jadi Champion kala itu.

Pada 2005, pasangan Ferry Tinggogoy dan Hamdi Paputungan berhasil menguasai BMR. Padahal mereka hanya didukung partai gurem.

Wilayah BMR yang terdiri dari Kabupaten Bolmong, Bolsel, Bolmut, Boltim dan Kota Kotamobagu bakal jadi ‘nona manis’ dalam Pilgub 2020.

Barometer kekuatan BMR sendiri ada di Kabupaten Bolmong. Di atas kertas kekuatan dua kubu berimbang. PDI- P punya tujuh kursi di DPRD Bolmong. Nasdem pun demikian.

Ketua DPD Partai Nasdem Bolmong Sukron Mamonto menjamin seluruh elemen Nasdem Bolmong berjuang mendukung VAP.”Kami siap all out,” kata dia.

Menghadapi petahana yang unggul dalam jaringan birokratis, Nasdem
Bolmong punya strategi khusus.

Sukron mengaku, Partai Nasdem akan berupaya menggaet hati rakyat.”Kami percaya kedaulatan ada di tangan rakyat,” kata dia.

Meski ditinggal Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Nasdem diyakini punya sejumlah kartu truf.

Konsolidasi partai berjalan masif. Daerah ini memang sudah ditarget VAP hingga dia kerap berkunjung ke sana.

Bila VAP menggandeng tokoh BMR, peluangnya terbuka lebar untuk membuat kejutan. PDI P tak mau digertak partai Nasdem.

Olly Dondokambey sudah mengantisipasi faktor BMR itu. Ia menggandeng Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, salah satu tokoh terkemuka BMR.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bolmong Welty Komaling mengatakan, Bolmong adalah kandang banteng.
“Kami siap memenangkan ODSK,” kata dia.

Partai, sebut dia, siap mengerahkan kekuatan terbaiknya menghadapi VAP.

Meski VAP menggandeng tokoh BMR, ia tetap optimistis pertarungan dimenangkan Olly. “Kami tak gentar,” kata dia.

Kekuatan PDI P di Bolmong cukup besar. Konsolidasi partainya pun solid. Mesin partai mereka lagi panas. Dukungan dari Yasti membuat Olly Dondokambey diyakini berpengaruh signifikan. (Viko)

Komentar