Libur Nataru, Ini 8 Poin Imbauan Disdik Kepada Orang Tua Siswa

BNews, KOTAMOBAGU — Libur semester sekaligus Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024 mendatang.

Berkaitan dengan hal ini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu Moh Aljufri Ngandu, menyampaikan imbauan kepada pihak sekolah maupun orang tua.

Di mana imbauan itu untuk mengawasi serta mengarahkan para siswa, agar mengisi kegiatan-kegiatan positif selama menjalani masa liburan.

Selain imbauan, Aljufri juga menyampaikan sejumlah hal yang harus diperhatikan selama libur panjang akhir tahun berlangsung.

Adapun hal-hal yang disampaikan diantaranya:

1. Pastikan anak tetap mempertahankan rutinitas tidur yang sehat untuk mendukung kesejahteraan fisik dan mental mereka,

2. Dorong anak untuk terlibat dalam kegiatan yang produktif, seperti membaca, menulis, atau mempelajari keterampilan baru, agar liburan tetap

3. Sediakan waktu untuk aktivitas fisik, seperti berolahraga atau bermain di luar ruangan, guna menjaga kesehatan fisik dan meningkatkan energi.

4. Selalu buka komunikasi dengan anak tentang pengalaman, harapan, atau kekhawatiran mereka selama liburan, menciptakan lingkungan yang mendukung.

5. Manfaatkan liburan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai keluarga, memperkuat ikatan emosional.

6. Sosialisasikan anak dengan teman-teman atau mengikuti kegiatan sosial untuk menjaga aspek sosial dan interpersonal mereka.

7. Awasi konten yang diakses anak di internet dan pastikan mereka menggunakan teknologi secara aman dan positif.

8. Pada akhir liburan, mulailah persiapan anak untuk kembali ke sekolah dengan membantu mereka merencanakan tugas atau memeriksa ulang hal yang berkaitan dengan persiapan sekolah anak.

“Dengan memperhatikan poin-poin ini, diharapkan libur panjang akhir tahun dapat menjadi periode yang seimbang antara bersantai dan mengembangkan diri,” pungkas Aljufri.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar