oleh

Kepsek Bakal Dirolling, Renti: Menunggu Petunjuk Pimpinan

BolmongNews.com, Bolmong—Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) berencana akan melakukan penyegaran jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) dan pemerataan guru di tiap sekolah, awal tahun 2019 mendatang.

Menurut Kepala Disdik Renti Mokoginta, usulan jabatan kepsek untuk dirolling  mulai dari jenjang SD hingga SMP.

“Usulan sudah dilakukan. Tapi, kita masih menunggu petunjuk dari pimpinan,” kata Renti.

Ia mengatakan, sekarang ini posisi kepala sekolah (Kepsek) banyak di jabat oleh pelaksana harian (Plh) maupun yang tidak berstatus sarjana. Bahkan ada yang sudah menjabat lebih dari 12 tahun. Padahal, dalam Permendikbud nomor 6 tahun 2018 telah diatur tentang ketentuan berlaku dalam jabatan kepala sekolah.

“Perombakan jabatan kepsek juga dilakukan, karena sebagian besar sudah memasuki masa pensiun. Penempatan guru-guru juga tak beraturan. Masih banyak guru-guru yang hanya bertumpuk di salah satu sekolah. Sementara, ada juga sekolah yang sangat membutuhkan tenaga guru terutama di wilayah pelosok. Nah, hal-hal seperti ini harus diperhatikan guna menopang kualitas belajar mengajar di sekolah agar mutu pendidikan di Bolmong dapat meningkat,” katanya.

Lanjutnya, saat ini kurang lebih sebanyak 20 sekolah yang dijabat Plh. Sementara jabatan Plh tidak seperti halnya definitive. Dia pun memperkirakan, akhir tahun atau awal tahun 2019 akan dilakukan perombakan tersebut.

“Iya, tergantung. Kalau sudah ada petunjuk akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Kalau tidak, berarti awal tahun depan,” tuturnya

Diketahui, sekolah  SD di Bolmong berjumlah 221 , SMP ada 67 sekolah. (tr-01/ewin)

Komentar