Jaga Integritas Pilkada, KPU Boltim Gelar Bimtek Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc

BNews, KOTAMOBAGU — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan bagi badan adhoc, Minggu (18/8/2029), bertempat di Desa Liberia Kecamatan Modayag.

Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati.

Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto, menekankan pentingnya Bimtek ini dalam mendukung serta mengoptimalkan administrasi Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di berbagai wilayah.

“Bimtek ini sangat penting karena tanpa dukungan sekretariat yang baik, tugas-tugas PPK dan PPS tidak akan berjalan maksimal,” ujar Rusmin.

Rusmin juga mengingatkan bahwa Sekretariat PPK dan PPS harus menjaga hubungan yang harmonis dan profesional, dalam menjalankan tugas.

“Sekretariat penyelenggara adhoc harus tetap menjaga integritas sepanjang tahapan Pilkada. Jangan sampai terlibat dalam pelanggaran kode etik atau politik praktis,” tegasnya.

Rusmin berharap melalui Bimtek ini, para pengelola keuangan di tingkat badan adhoc dapat bekerja dengan profesional, mengikuti prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas, sehingga pemilihan dapat berlangsung dengan bersih dan berkualitas.

“Kami berharap para pengelola keuangan di badan adhoc dapat menjalankan tugas dengan lebih profesional, sesuai dengan asas transparansi dan akuntabilitas, demi tercapainya pemilihan yang berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Yohanes Mangara Uli Simarmata, Kepala Sub Seksi A Intelijen dari Kejaksaan Negeri Kotamobagu, sebagai pembicara utama, menekankan bahwa transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi adalah kunci dalam pengelolaan dana hibah oleh PPK dan PPS.

“Dana hibah harus dikelola sesuai dengan pedoman dan teknis yang benar, mengingat pentingnya peran PPK dan PPS dalam menjaga kelancaran demokrasi di daerah ini,” kata Yohanes.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat pemahaman peserta tentang pengelolaan keuangan yang sesuai aturan, guna meminimalisir potensi penyalahgunaan dana hibah selama pemilihan mendatang.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto, Ikal Salehe selaku Kadiv Parmas, Bripka Bambang Sukamat mewakili Polres, Kasubag Ipul, serta para anggota Badan Adhoc se-Kabupaten Boltim. Turut hadir juga perwakilan Inspektorat Boltim, Ari Purwadi Mokoginta.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar