Jadi Ruang Publik, Pemkot Siapkan WiFi Gratis di Alun-Alun Boki Hotinimbang

BNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus melakukan berbagai inovasi sebagai langkah strategi peningkatan pembangunan daerah.

Diantaranya dengan menjadikan Alun-alun lapangan Boki Hotinimbang sebagai ruang publik.

Alun-alun Lapangan Boki Hotinimbang yang berada di jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan rumah dinas wali kota ini, ditata menjadi tempat santai masyarakat dan kegiatan pemerintahan.

Di lokasi ini nantinya dibuka juga untuk para pelaku usaha, UMKM yang ingin berdagang.

Hal itu dilakukan oleh Pemkot Kotamobagu untuk menunjang daerah tersebut sebagai kota jasa di wilayah Bolmong Raya.

“Mengembangkan kota jasa ini perlu banyak kreativitas, kalau mengembangkan kota jasa harus ada inovasi-inovasi yang dilakukan Pemerintah, masyarakat dan stakeholder, supaya kota ini bisa berkembang maju, bisa bersaing dengan kota-kota besar di Jawa dan lainnya,” kata Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani disela meninjau persiapan peresmian alun-alun Boki Hotinimbang, Kamis (29/2/2024).

Asripan menjelaskan, Kotamobagu telah dicanangkan oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya menjadi kota jasa. Sehingga daerah ini dikembangkan lebih baik di masa-masa yang akan datang.

“Besok pengresmian alun-alun Boki Hotinimbang,” terangnya.

“Tempat ini akan dikembangkan selain ruang publik, untuk santai bagi masyarakat, kami juga memfasilitasi WiFi gratis. Jadi kalau ada masyarakat datang di sini mereka bisa menggunakannya dan santai,” sambung Asripan.

Asisten II Pemkot Kotamobagu, Adnan Massinae, menambahkan, alun-alun Boki Hotinimbang juga akan menjadi sarana olahraga terbuka bagi masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan pemerintahan ada di sini. Tentu kita juga mengakomodir segala permintaan dan kebutuhan masyarakat Kotamobagu. Sehingga alun-alun ini bisa menjadi sarana olahraga, dan akan diberikan juga kesempatan kepada masyarakat Kotamobagu, para pelaku usaha, UMKM untuk berjualan di sini,” tambahnya.

Aktivitas para pedagang kata Adnan,  dibuka mulai jam 16.00 wita hingga pukul 03.00 wita pagi.

“Tentu juga kami menghimbau kepada pengguna tempat ini, untuk sama-sama berpartisipasi menjaga keamanan dan kebersihan,” pungkasnya.

Penulis: Erwin Ch Makalunsenge

Komentar