Intensifikasi Coklit, KPU Kotamobagu Pastikan Data Pemilih Akurat Jelang Pilkada 2024

BNews, KPU KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu gencar melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk memutakhirkan data pemilih menjelang Pilkada Serentak 2024.

Pelaksanaan coklit ini dilakukan di 33 desa/kelurahan yang tersebar di 4 kecamatan di Kota Kotamobagu.

Ketua Divisi Penyelenggara, Ivan Tanayu mengatakan kegiatan Coklit yang dilakukan oleh para petugas Pantarlih ini berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Dalam proses ini, mereka menggunakan dua metode utama, yaitu aplikasi e-coklit dan pencocokan manual melalui dokumentasi faktual langsung dari data identitas pemilih.

“Hasil dari kegiatan dua hari pertama akan dievaluasi untuk melihat progres dan pergerakan para petugas Pantarlih. Misalnya, di Kecamatan Kotamobagu Timur, kami akan melihat jumlah pemilih yang terdata pada hari pertama untuk kemudian dievaluasi dan ditindaklanjuti,” kata Ivan saat diwawancarai media ini, Minggu (30/06/2024).

Ia juga menambahkan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk memastikan akurasi dan validitas data pemilih. Jika ditemukan ketidaksesuaian data, akan dilakukan pembaruan.

Begitu juga, jika ada pemilih yang telah meninggal, akan dilakukan pencatatan ulang sesuai kondisi faktual di lapangan.

“Kami berharap masyarakat bisa mensukseskan tahapan pencocokan dan penelitian ini demi penyusunan daftar pemilih yang akurat. Dengan begitu, kita dapat melaksanakan pemilu 2024 dengan lebih baik,” pungkasnya.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar