Ini Program Pemdes Paret Timur Tahun 2021

BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Paret Timur Kecamatan Kotabunan, akan mengalokasikan sejumlah anggaran Dana Desa (DD) untuk membangun jalan, serta pemenuhan kebutuhan para buruh Tani, hingga Nelayan.

“Untuk tahun ini, kami memiliki beberapa program, termasuk pembuatan jalan, sebagai kegiatan fisik kami, kurang lebih ada 80 Meter,” beber Sangadi Desa Paret Timur Hairun Manangin.

Selain membangun jalan untuk akses warganya, Hairun juga menerangkan, bahwa akan dilakukan pengadaan barang untuk kelompok Tani maupun Nelayan di desanya.

“Ada kegiatan-kegiatan lainnya, namun hanya merupakan pengadaan, khususnya untuk alat-alat pertanian dan nelayan,” ujarnya.

Penyaluran bentuk pengadaan kepada para petani maupun nelayan, dilakukan secara kelompok.

“Dan untuk penyaluran bantuan ini. Kami berikan langsung kepada kelompok,” jelasnya.

“Untuk Nelayan, kita akan memberikan satu unit mesin mesin tempel untuk perahu. Untuk Pertanian itu berupa alat Spraiyer beserta racun rumput,” sambungnya.

Anggaran pada kegiatan tersebut dialokasikan sekira Rp300 Juta.

“Untuk pembangunan jalan akses warga kurang lebih sebesar Rp 80 jutaan dan untuk kelompok Tani serta Nelayan, ada sebesar Rp40 jutaan untuk mesin tempel 15 PK. Baru untuk buruh Tani ada sekitar Rp 26 juta, juga untuk pengadaan perlengkapan lapangan footsal Rp 217 juta rupiah,” tandasnya.

(Fichi)

Komentar