Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara, KPU Kotamobagu Berharap Tidak Ada PSU di Pemilu 2024

BNews, KOTAMOBAGU – KPU Kota Kotamobagu menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara dalam Pemilu 2024, bertempat di Lapangan Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kamis 1 Februari 2024.

Ketua KPU Kota Kotamobagu Mishart Manoppo mengatakan, pelaksanaan simulasi  itu merupakan kebijakan KPU Republik Indonesia.

Di mana hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memaksimalkan prosedur pelaksanaan pemungutan dan penghitungan surat suara.

“Hari ini simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara,” kata Manoppo.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut untuk uji coba penggunaan aplikasi Si Rekap yang akan digunakan pada hari pemungutan suara 14 Februari mendatang.

“Aplikasi ini merupakan alat bantu KPU untuk mempublikasikan proses rekapitulasi di tiap TPS dan terpenting aplikasi ini dapat diakses publik,”  terangnya.

Pada simulasi ini, KPU melibatkan langsung KPPS yang akan bertugas di hari pemungutan suara, serta masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih dan tercatat dalam DPT di TPS 3 Kelurahan Mongkonai.

Manoppo menjelaskan, dipilihnya TPS 3 Kelurahan Mongkonai sebagai lokasi simulasi, karena di TPS itu pernah dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Berangkat di tahun 2014 silam, yang mana di TPS 3 ini ada sejarah pemungutan suara ulang atau PSU, sehingga hal inilah yang menjadi alasan KPU menetapkan tahapan pelaksanaan simulasi digelar di TPS ini,” jelasnya.

Dia berharap, dengan digelarnya simulasi itu, PSU tidak terjadi lagi pada Pemilu tahun ini.

“Dengan digelarnya simulasi ini diharapkan sejarah PSU tidak akan terjadi lagi pada pemilihan umum tahun 2024,” harapnya.

Di sisi lain, Manppo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkot Kotamobagu bersama unsur Forkopimda yang menghadiri kegiatan tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Pemkot Kotamobagu lebih khusus Pemerintah Kecamatan Kotamobagu Barat yang telah mendukung dan membantu kami dalam proses penyiapan tahapan kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu sehingga dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Penulis: Erwin Ch Makalunsenge

Komentar