oleh

Dua Desa di Bolmong Kecipratan Dana Pembangunan Embung

BOLMONGNEWS BOLMONG— Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), mendapat bantuan pembangunan embung dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Menurut Kepala PMD Ahmad Yani Damopolii, bantuan pembangunan embung atau cekungan penampung suplai aliran air hujan tersebut akan dibangun di dua desa. Yakni Desa Sauk Kecamatan Lolak dan Desa Kinomaligan di Kecamatan Dumoga Tengah.

“Untuk pembangunannya sekarang sudah mulai berjalan,” katanya.

Lanjutnya, di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), hanya ada tiga desa yang mendapatkan bantuan pembangunan embung dari Kemendes PDTT.

“Satunya lagi di desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Dana yang diberikan untuk pembangunan embung di dua desa ini sebesar 540 juta rupiah, masing-masing dibagi menjadi 270 juta rupiah per desa,” urainya.

Dengan adanya bantuan pembangunan embung ini, terang Ahmad, menjadi solusi kendala pengairan persawahan serta perkebunan di desa. Dengan demikian, katanya lagi, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Sementara itu,  Kepala Desa (Sangadi) Desa Sauk Halik Gobel, mengatakan, progres pembangunan embung di Desa Sauk sudah mencapai 70 persen.

“Untuk Desa Sauk, pembangunannya sudah 70 persen. Sisanya nanti selesai laporan dan peninjauan dari bagian Dinas PMD, apa langsung bisa dicairkan atau bagaimana,” ungkapnya.

Realisasi yang diberikan untuk pembangunan embung di Desa Sauk, menurutnya,  dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar 70 persen, sementara 30 persen masuk pada tahap kedua, dengan jangka waktu pengerjaan selama empat bulan.

“Bila transfer dana sudah kami terima, maka pembangunan akan dilanjutkan. Sehingga ketika tahap kedua dikucurkan, maka tinggal diteruskan pengerjaan embung ini,” pungkasnya, Sabtu (7/7/2018). (cl/ewin)

Komentar