Dorong UMKM Maju, Disperindagkop Kotamobagu Gelar Pelatihan MUA

BNews, KOTAMOBAGU – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Kotamobagu menggelar Pelatihan Kewirausahaan yang dihadiri oleh puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Selasa (8/10/2024).

Pelatihan ini dirancang khusus untuk membekali peserta dengan keterampilan Make Up Artist (MUA), profesi yang saat ini sedang naik daun di pasar.

Kegiatan yang mengusung tema “UMKM Maju Berkelanjutan Mewujudkan Indonesia Emas 2025” ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari warga desa dan kelurahan di Kotamobagu.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kotamobagu, Aryono Potabuga, menyampaikan bahwa pelatihan ini diadakan untuk menjawab kebutuhan pasar yang terus meningkat terhadap tenaga MUA, sementara sumber daya yang tersedia masih terbatas.

“Tingginya permintaan MUA belum diimbangi dengan ketersediaan tenaga terampil. Dengan pelatihan ini, kami berharap dapat melahirkan wirausaha baru yang siap bersaing di bidang tersebut,” ungkapnya.

Pelatihan ini tidak hanya difokuskan pada keterampilan teknis, tetapi juga strategi pengelolaan usaha, termasuk aspek legalitas usaha.

“Hari pertama dan kedua kita akan memberikan materi terkait manajemen usaha, sementara hari terakhir fokus pada praktik menjadi Make Up Artist,” tambah Aryono.

Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini merupakan generasi produktif berusia maksimal 45 tahun.

“Kami bekerja sama dengan sangadi lurah untuk memilih peserta. Salah satu syaratnya adalah peserta harus dari generasi produktif agar manfaat pelatihan ini bisa optimal,” jelas Aryono.

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga menciptakan peluang bisnis bagi peserta. Dengan keterampilan yang didapat, para peserta diharapkan mampu menjadi wirausaha mandiri di bidang kecantikan, khususnya sebagai Make Up Artist profesional.

Reporter: Nindy Pobela

Komentar