Dari BLT Hingga Bantuan Pendidikan Jadi Fokus Satgassus Pencegahan Korupsi

BNews, NASIONAL — Wakil Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Pencegahan Korupsi Polri, Novel Baswedan, mengatakan tahun 2023 Indonesia akan mengalami tantangan besar.

Mulai dari kiris pangan, krisis energi hingga krisis keuangan (ancaman resesi ekonomi).

Untuk itu, kata Novel, Satgassus Pencegahan Korupsi akan fokus pada lima poin utama.

“Terutama terkait dengan Ketahanan pangan dengan mengintensifkan kebijakan pupuk bersubsidi pada tataran implementatif, sehingga tepat sasaran dan tepat guna, serta diperluas pada bidang lainnya antara lain terkait pengadaan bibit dan bantuan kepada petani/ nelayan,” katanya, Senin (2/1/2023).

Mantan penyidik senior KPK ini melanjutkan, fokus kedua pada pencegahan korupsi di penerimaan negara.

Yakni, terkait sektor utama penerimaan negara pajak dan bukan pajak, pencegahan di sektor pengeluaran negara, terutama terkait dengan tingginya belanja infrastruktur.

“Melanjutkan pemantauan di sektor bantuan sosial terkait dengan pelaksanaan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bantuan sosial lainnya, serta pencegahan korupsi pada sektor bantuan pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, Satgassus akan melanjutkan program peningkatan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) melalui perbaikan pada sektor ekspor impor, pelayanan publik dan sektor bisnis.

“Dan melakukan program peningkatan integritas melalui kegiatan pendidikan dan kampanye anti korupsi,” tegasnya dilansir dari website humas.polri.go.id

Editor: Wahyudy Paputungan

Komentar