Cherish Harriette Serap Aspirasi Masyarakat

BNews, POLITIK – Anggota Komite I MPR/DPD RI, Cherish Harriette, melaksanakan kunjungan kerja dengan kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (23/1/2024).

Serap aspirasi mayarakat bertajuk hubungan pusat dan daerah itu, dihadiri para tokoh pemuda pimpinan organisasi masyarakat serta tokoh masyarakat se Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Dihadapan para tokoh yang hadir tersebut, senator muda asal BMR ini menjelaskan, serap aspirasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap anggota MPR/DPD RI, dalam menutup masa sidang.

“Setiap anggota DPD RI memiliki kewajiban untuk menyerap aspirasi mayarakat di dapilnya masing-masing,” kata senator kebanggaan warga Sulut itu.

Cherish menjelaskan, sebagai sebuah lembaga Negara yang diakui secara konstitusional, DPD memiliki tugas untuk membantu menyuarakan aspirasi masyarakat dari tingkat daerah ke tingkat nasional.

“Tugas anggota Komite I DPD diantaranya meliputi pengajuan usul rancangan undang-undang (RUU) ke DPR tentang otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan, pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, serta berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah,” jelas senator mileneal itu.

Aspirasi masyarakat yang diserap  di tingkat daerah ini, terangnya, akan mempengaruhi kebijakan atau pengambilan keputusan politik di tingkat pusat.

Dalam pelaksanaan serap aspirasi itu, juga dibuka juga sesi tanya jawab. Cherish Harriette menerima masukan dan saran serta pertanyaan dari para audiens keterwakilan masyarakat yang hadir.

Penulis: Erwin Ch Makalunsenge

Komentar