Buka Sosialisasi Peran Perempuan dalam Politik, Asripan Nani Sampaikan Hal Ini

BNews, KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, menggelar sosialisasi peran perempuan di bidang politik, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan yang di gelar di Lembah Bening Resto Kotamobagu tersebut, dibuka Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani.

Melalui sambutannya, Asripan Nani mengatakan, keterwakilan perempuan di parlemen sedikit banyak berpengaruh terhadap kebijakan yang diambil, terutama dalam keberpihakan dan lebih utama pemberdayaan perempuan.

“Kesetaraan gender menyangkut semua aspek termasuk politik. Kalau dulu perempuan tidak boleh berpolitik karena hanya berkutat dengan pekerjaan di rumah, tetapi saat ini sudah tidak. Untuk itu, dengan adanya kesetaraan gender ini, mudah-mudahan perempuan di Kota Kotamobagu mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah ini, itu yang kami harap,” terangnya.

Semwntara itu, Kepala DP3A Kotamobagu, Sarida Mokoginta, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi yang digelar pihaknya bertujuan meningkatkan pengetahuan para peserta terhadap pentingnya peran perempuan di bidang politik.

“Dilatarbelakangi rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen banyak berpengaruh pada isu kebijakan terhadap kesetaraan gender dan belum mampu merespon masalah utama yang dihadapi oleh perempuan. Untuk itu, komitmen pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan gender yakni dengan terus mendorong tercapainya kuota 30 persen keterlibatan perempuan di parlemen serta mengikis kesenjangan gender dalam politik,” ujar Sarida.

Kegiatan turut dihadiri Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta, Kadiv Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu Ilmi Khaidir Paputungan, Asisten III Pemkot Kotamobagu Moch. Agung Adati serta puluhan peserta sosialisasi yang terdiri dari organisasi perempuan dan calon anggota legislatif se Kotamobagu.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar