Bantu Amankan Pemilu 2024, Pemkot Kotamobagu Terjunkan Ratusan Linmas

BNews, KOTAMOBAGU – Ratusan personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) siap diterjunkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu untuk membantu pengamanan Pemilu 2024.

Personil Linmas dari 33 desa dan kelurahan se Kota Kotamobagu ini, telah dikukuhkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani, Jumat (2/2/2024).

Pengukuhan ini sekaligus juga dengan apel gelar pasukan, yang dilaksanakan di halaman eks Kantor Bupati Bolmong, Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur.

“Seluruh jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu mengucapkan selamat kepada 725 anggota Satlinmas yang baru saja dikukuhkan dalam pengamanan Pemilu,” ucap Asripan.

Asripan menjelaskan, Satuan Linmas merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusifitas dan keamanan Pemilu, di wilayah desa dan kelurahan.

“Satlinmas memiliki peran dan tugas yang sangat strategis. Sehingga pada kesempatan ini Pemkot Kotamobagu telah melakukan penguatan peran dan fungsi anggota Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban, dengan diterbitkan keputusan Walikota Kotamobagu nomor 23 tahun 2024 dan pengangkatan anggota Satlinmas pengamanan Pemilu nomor 24 tahun 2024,” jelasnya.

Lanjutnya, Satlinmas atau petugas pengaman Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan  salah satu ujung tombak keberhasilan Pemilu.

Di mana, tugas mereka adalah mengawasi dan mengamankan jalannya pemungutan serta penghitungan suara di setiap TPS.

“Tugas Satlinmas membantu penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu, penegakan peraturan desa dan peraturan kepala desa serta membina ketentraman masyarakat. Mari kita sukseskan Pemilu tahun 2024 dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin, profesional, fokus dan jaga netralitas,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Kotamobagu Mishart A. Manoppo, Komisioner KPU Hairun Laode, Asisten I Pemkot Kotamobagu Nasli Paputungan,  Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK, Perwakilan Dandim 1303/Bolmong dan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Kotamobagu.***

Editor: Erwin Ch Makalunsenge

 

Komentar